FADHLAN (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF APLIKASI TIKTOK TERHADAP ETIKA BERBICARA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (709kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (319kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi dampak negatif aplikasi TikTok terhadap etika berbicara siswa di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kekhawatiran terhadap pengaruh konten media sosial, khususnya TikTok, yang kerap memuat gaya komunikasi yang tidak sesuai dengan nilai kesopanan dan ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan beberapa strategi pembelajaran, strategi pembelajaran yang digunakan meliputi pembelajaran secara langsung, pembelajaran tidak langsung, pembelajaran interaktif, pembelajaran berbasis pengalaman, dan pembelajaran mandiri. Selain itu, ditemukan pula satu pendekatan tambahan yang tidak tercantum dalam teori strategi pembelajaran yang umum, yaitu hukuman edukatif. Dimana dapat memberikan keteladanan dalam bertutur kata, menyisipkan nilai-nilai etika Islam dalam pembelajaran, memberikan nasihat secara kontinu, serta bekerja sama dengan orang tua untuk membina karakter siswa di luar sekolah. Selain itu, tantangan utama yang dihadapi guru adalah keterbatasan pengawasan terhadap siswa di luar lingkungan sekolah dan tingginya intensitas penggunaan TikTok oleh siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran aktif guru dalam pembentukan karakter siswa, khususnya dalam menjaga etika berbicara sesuai nilai-nilai keislaman di era digital.
| Dosen Pembimbing: | Tumin, S.Pd.I., M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Teacher Strategy, Islamic Education, TikTok, Speaking Ethics, Student |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:39 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 01:39 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
