FADHLAN (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF APLIKASI TIKTOK TERHADAP ETIKA BERBICARA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi dampak negatif aplikasi TikTok terhadap etika berbicara siswa di SMP Muhammadiyah 1 Gamping. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kekhawatiran terhadap pengaruh konten media sosial, khususnya TikTok, yang kerap memuat gaya komunikasi yang tidak sesuai dengan nilai kesopanan dan ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan beberapa strategi pembelajaran, strategi pembelajaran yang digunakan meliputi pembelajaran secara langsung, pembelajaran tidak langsung, pembelajaran interaktif, pembelajaran berbasis pengalaman, dan pembelajaran mandiri. Selain itu, ditemukan pula satu pendekatan tambahan yang tidak tercantum dalam teori strategi pembelajaran yang umum, yaitu hukuman edukatif. Dimana dapat memberikan keteladanan dalam bertutur kata, menyisipkan nilai-nilai etika Islam dalam pembelajaran, memberikan nasihat secara kontinu, serta bekerja sama dengan orang tua untuk membina karakter siswa di luar sekolah. Selain itu, tantangan utama yang dihadapi guru adalah keterbatasan pengawasan terhadap siswa di luar lingkungan sekolah dan tingginya intensitas penggunaan TikTok oleh siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran aktif guru dalam pembentukan karakter siswa, khususnya dalam menjaga etika berbicara sesuai nilai-nilai keislaman di era digital.

Dosen Pembimbing: Tumin, S.Pd.I., M.A., Ph.D. | NIDN1320098401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teacher Strategy, Islamic Education, TikTok, Speaking Ethics, Student
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:39
Last Modified: 04 Aug 2025 01:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52431

Actions (login required)

View Item View Item