ZULFA AZIZAH (2025) POLA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-5 TAHUN STUDI KASUS PADA SISWA PAUD AL-HIKMAH YANG MENGGUNAKAN GADGET. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola perkembangan sosial emosional anak usia 3–5 tahun yang dalam kesehariannya menggunakan gadget di PAUD Al-Hikmah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, dengan mengacu pada teori intensitas penggunaan gadget dari Horrigan serta teori perkembangan sosial emosional Erikson pada tahap inisiatif versus rasa bersalah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur dengan orang tua dan guru, serta dokumentasi. Pada penelitian ini melibatkan 5 subjek. Adapun, data dianalisis menggunakan model Miles & Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi dalam pola perkembangan sosial emosional anak, anak dengan frekuensi tinggi dan durasi sedang dalam penggunaan gadget menunjukkan perkembangan sosial emosional yang cukup baik. Sebaliknya, anak dengan intensitas tinggi pada kedua aspek cenderung mengalami hambatan dalam berbagai aspek perkembangan sosial emosional. Pola ini menunjukkan pentingnya pendampingan orang tua saat menggunakan gadget dan stimulasi perkembangan sosial emosional anak agar tetap optimal.

Dosen Pembimbing: Novia Fetri Aliza, M.Psi., Psikolog. | NIDN0505058601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Early Childhood, Gadgets, Patterns of Social Emotional Development
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 08 Aug 2025 05:35
Last Modified: 08 Aug 2025 05:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52441

Actions (login required)

View Item View Item