ZULFA AZIZAH (2025) POLA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-5 TAHUN STUDI KASUS PADA SISWA PAUD AL-HIKMAH YANG MENGGUNAKAN GADGET. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (263kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola perkembangan sosial emosional anak usia 3–5 tahun yang dalam kesehariannya menggunakan gadget di PAUD Al-Hikmah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, dengan mengacu pada teori intensitas penggunaan gadget dari Horrigan serta teori perkembangan sosial emosional Erikson pada tahap inisiatif versus rasa bersalah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur dengan orang tua dan guru, serta dokumentasi. Pada penelitian ini melibatkan 5 subjek. Adapun, data dianalisis menggunakan model Miles & Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi dalam pola perkembangan sosial emosional anak, anak dengan frekuensi tinggi dan durasi sedang dalam penggunaan gadget menunjukkan perkembangan sosial emosional yang cukup baik. Sebaliknya, anak dengan intensitas tinggi pada kedua aspek cenderung mengalami hambatan dalam berbagai aspek perkembangan sosial emosional. Pola ini menunjukkan pentingnya pendampingan orang tua saat menggunakan gadget dan stimulasi perkembangan sosial emosional anak agar tetap optimal.
| Dosen Pembimbing: | Novia Fetri Aliza, M.Psi., Psikolog. | NIDN0505058601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Early Childhood, Gadgets, Patterns of Social Emotional Development |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 08 Aug 2025 05:35 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 05:35 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
