SITI MASITOH (2025) PENGARUH EDUKASI DAN SIMULASI GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KALIPAKEM 3. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (592kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (284kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada zona pertemuan tiga lempeng tektonik aktif-Indo-Australia-Eurasia dan Fasifik sehingga memiliki tingkat kerentanan seismik yang tinggi, sebagaimana tercermin pada Kabupaten Bantul yang secara geologis dilintasi oleh Sesar Opak dan pernah mengalami gempa bumi destruktif pada tahun 2006. Minimnya integrasi program pendidikan kebencanaan dan simulasi sistematis di tingkat sekolah dasar menegaskan urgensi intervensi edukatif sejak dini guna membangun kapasitas kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi secara efektif. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh edukasi dan simulasi gempa bumi terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan di sekolah dasar muhammadiyah kalipakem 3 Metode Penelitian: Penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental one group pretest-posttest design, melibatkan 39 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil Penelitian: Penelitian menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa setelah diberikan edukasi dan simulasi gempa. Pengetahuan meningkat dari 7,7% menjadi 79,5% dan kesiapsiagaan dari 12,8% menjadi 97,4%. Uji statistik menunjukan hasil signifikan (p=0,000) artinya edukasi dan simulasi efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan siswa menghadapi gempa bumi. Kesimpulan: Edukasi dan simulasi gemppa bumi terbukti efektif meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa secara signifikan. Program semacan ini perlu diterapkan secara rutin di sekolah-sekolah, terutama di daerah rawan gempa.
| Dosen Pembimbing: | Arif Wahyu Setyo Budi, S.Kep.,Ns., M.Kep | NIDN0516058603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Earthquake, disaster education, simulation, knowledge, preparedness, elementary school students |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:33 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 07:33 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
