SITI MASITOH (2025) PENGARUH EDUKASI DAN SIMULASI GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KALIPAKEM 3. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada zona pertemuan tiga lempeng tektonik aktif-Indo-Australia-Eurasia dan Fasifik sehingga memiliki tingkat kerentanan seismik yang tinggi, sebagaimana tercermin pada Kabupaten Bantul yang secara geologis dilintasi oleh Sesar Opak dan pernah mengalami gempa bumi destruktif pada tahun 2006. Minimnya integrasi program pendidikan kebencanaan dan simulasi sistematis di tingkat sekolah dasar menegaskan urgensi intervensi edukatif sejak dini guna membangun kapasitas kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi secara efektif. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh edukasi dan simulasi gempa bumi terhadap pengetahuan dan kesiapsiagaan di sekolah dasar muhammadiyah kalipakem 3 Metode Penelitian: Penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental one group pretest-posttest design, melibatkan 39 siswa. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil Penelitian: Penelitian menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa setelah diberikan edukasi dan simulasi gempa. Pengetahuan meningkat dari 7,7% menjadi 79,5% dan kesiapsiagaan dari 12,8% menjadi 97,4%. Uji statistik menunjukan hasil signifikan (p=0,000) artinya edukasi dan simulasi efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan siswa menghadapi gempa bumi. Kesimpulan: Edukasi dan simulasi gemppa bumi terbukti efektif meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswa secara signifikan. Program semacan ini perlu diterapkan secara rutin di sekolah-sekolah, terutama di daerah rawan gempa.

Dosen Pembimbing: Arif Wahyu Setyo Budi, S.Kep.,Ns., M.Kep | NIDN0516058603
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Earthquake, disaster education, simulation, knowledge, preparedness, elementary school students
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:33
Last Modified: 07 Aug 2025 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52458

Actions (login required)

View Item View Item