DWI PUJIYANTO (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL KOPI KENANGAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MELALUI PENDEKATAN TEORI SOME (2024). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (659kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (441kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pesatnya pertumbuhan industri coffee shop di Indonesia, khususnya di Yogyakarta sebagai kota pelajar dengan tren konsumsi kopi yang meningkat, mendorong brand seperti Kopi Kenangan untuk menerapkan strategi komunikasi digital guna menjangkau konsumen. Instagram sebagai media sosial visual dinilai efektif menjangkau generasi milenial dan Gen Z.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital Kopi Kenangan melalui media sosial Instagram dengan menggunakan pendekatan teori SOME (Share, Optimize, Manage, Engage). Penelitian dilakukan di Kopi Kenangan cabang Taman Siswa, Yogyakarta pada Agustus 2024 hingga Juni 2025 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan manager cabang, tim content marketing, serta konsumen, sementara data sekunder dikumpulkan dari dokumentasi dan referensi daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi digital Kopi Kenangan berjalan secara optimal dengan memanfaatkan keempat elemen dalam model teori SOME. Pada tahap Share, Kopi Kenangan secara aktif membagikan konten promosi produk, momen spesial, dan repost dari pelanggan melalui fitur Instagram Feed, Reels, dan Stories. Namun, pada bagian penerapan fitur live instagram kurang maksimal. Tahap Optimize dilaksanakan melalui penggunaan hashtag yang relevan, konsistensi visual dalam desain konten, serta penggunaan iklan berbayar (Instagram Ads) untuk memperluas jangkauan. Pada tahap Manage, manajemen konten dilakukan secara terstruktur oleh tim pemasaran dengan menyusun kalender konten, menjaga konsistensi pesan brand, serta menyesuaikan strategi berdasarkan tren dan feedback audiens. Sedangkan dalam tahap Engage, Kopi Kenangan membangun interaksi aktif dengan audiens melalui kolaborasi dengan influencer, kuis dan polling interaktif, serta respons cepat terhadap komentar dan pesan pengguna. Penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran digital Kopi Kenangan di Instagram dengan pendekatan SOME berjalan optimal dalam membangun engagement dan loyalitas konsumen. Strategi ini turut meningkatkan awareness, penjualan, dan memperkuat posisi Kopi Kenangan sebagai brand kopi yang adaptif secara digital.
| Dosen Pembimbing: | Adhianty Nurjanah, Prof. Dr., S.Sos., M.Si. | NIDN0604127801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Communication Strategy, Digital Marketing, Instagram, SOME Theory, Kopi Kenangan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:29 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 07:29 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
