JIHAN ANJANI PUTRI (2025) FUNGSI MANJAMEN DALAM PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI KASUS MASJID NURUL 'ASHRI DERESAN YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Awalnya media sosial yang digunakan sebagai sarana eksistensi diri kini berkembang menjadi media dakwah yang efektif. Melalui Instagram pesan dakwah dapat disampaikan dengan mudah serta menjangkau audiens yang lebih luas. @masjidnurulashri merupakan salah satu contoh akun yang secara konsisten membagikan konten berupa foto dan video yang relevan dengan permasalahan sosial dan isu terkini. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi manajemen dalam pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian dilakukan melalui wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Nurul ‘Ashri menerapkan fungsi manejemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dalam pemanfataan Instagram. Dalam fungsi perencanaan masjid menngacu pada tiga pilar utama, yakni aspek sosial, pendidikan, dan kebencanaan. Dari sisi pengorganisasian struktur masjid dipimpin oleh Baitul Maal dengan turunan divisi marketing sebagai pengelola media sosial. Pada fungsi pengarahan bentuk kepemimpinan masjid secara tebuka dengan memberi ruang kepada tim media untuk mengajukan pelatihan sesuai kebutuhan. Adapun fungsi pengawasan melakukan rapat bulanan yang melibatkan seluruh divisi. Keterhubungan antara penerapan fungsi manajemen dan media dakwah di Masjid Nurul ‘Ashri menunjukkan bahwa manajemen yang baik memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan penyampaian dakwah melalui media sosial. Hal ini membuktikan bahwa strategi manajerial yang tepat mampu memperkuat efektivitas media dakwah di era digital.

Dosen Pembimbing: Rhafidilla Vebrynda, S.I.Kom., M.I.Kom. | NIDN0515029201
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: da'wah, management function, Instagram, nurul ‘ashri mosque, media
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:58
Last Modified: 07 Aug 2025 06:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52480

Actions (login required)

View Item View Item