JIHAN ANJANI PUTRI (2025) FUNGSI MANJAMEN DALAM PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI KASUS MASJID NURUL 'ASHRI DERESAN YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (463kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (427kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Awalnya media sosial yang digunakan sebagai sarana eksistensi diri kini berkembang menjadi media dakwah yang efektif. Melalui Instagram pesan dakwah dapat disampaikan dengan mudah serta menjangkau audiens yang lebih luas. @masjidnurulashri merupakan salah satu contoh akun yang secara konsisten membagikan konten berupa foto dan video yang relevan dengan permasalahan sosial dan isu terkini. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi manajemen dalam pemanfaatan Instagram sebagai media dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian dilakukan melalui wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Nurul ‘Ashri menerapkan fungsi manejemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dalam pemanfataan Instagram. Dalam fungsi perencanaan masjid menngacu pada tiga pilar utama, yakni aspek sosial, pendidikan, dan kebencanaan. Dari sisi pengorganisasian struktur masjid dipimpin oleh Baitul Maal dengan turunan divisi marketing sebagai pengelola media sosial. Pada fungsi pengarahan bentuk kepemimpinan masjid secara tebuka dengan memberi ruang kepada tim media untuk mengajukan pelatihan sesuai kebutuhan. Adapun fungsi pengawasan melakukan rapat bulanan yang melibatkan seluruh divisi. Keterhubungan antara penerapan fungsi manajemen dan media dakwah di Masjid Nurul ‘Ashri menunjukkan bahwa manajemen yang baik memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan penyampaian dakwah melalui media sosial. Hal ini membuktikan bahwa strategi manajerial yang tepat mampu memperkuat efektivitas media dakwah di era digital.
| Dosen Pembimbing: | Rhafidilla Vebrynda, S.I.Kom., M.I.Kom. | NIDN0515029201 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | da'wah, management function, Instagram, nurul ‘ashri mosque, media |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:58 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 06:58 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
