IKHLAS HAMKA MAHENDRA (2025) UPAYA GURU MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (333kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (317kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (902kB) |
Abstract
Upaya guru dalam pendidikan Islam adalah mendidik. Mendidik siswa adalah tugas yang sangat luas. Mendidik itu sebagian dilakukan dalam bentuk mengajar, sebagian dalam bentuk memberikan dorongan, memuji, menghukum, memberi contoh, membiasakan, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di MTs Muhammadiyah Kasihan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain field research (penelitian lapangan). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kesulitan yang di hadapi peserta didik adalah terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an, belum mengetahui tanda baca, kurang menguasai kaidah ilmu tajwid, tidak mengenal huruf hijaiyah, lupa, malas dalam belajar serta tidak percaya diri dan takut salah dalam membaca Al-Qur’an. Sedangkan faktor penyebab kesulitan membaca Al-Qur’an terbagi menjadi 2 yaitu internal dan eksternal. Faktor internal seperti kurangnya motivasi dalam diri peserta didik dan malas dalam belajar, faktor eksternalnya yaitu lingkungan keluarga yang kurang mendukung, lingkungan teman sepermainan yang kurang memadai. Upaya guru diharapkan membantu mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an yang dialami siswa yaitu guru mengajar menggunakan metode drill atau metode pengulangan berkali-kali sekaligus menyampaikan mengenai hukum bacaan tajwidnya dan kelompok huruf yang hampir sama juga terdapat kegiatan BTAQ setelah KBM sebagai penunjangnya.
| Dosen Pembimbing: | Naufal Ahmad Rijalul Alam, S.Pd.I., M.A. | NIDN0522018701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Teacher, Al-Qur'an, Hadith |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:48 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 06:48 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52488 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
