DIMAS EKA WIDIATMAJA (2025) ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL BRANDING MELALUI KONTEN INSTAGRAM KEDUTAAN BESAR ISRAEL DI UNI EMIRAT ARAB (AUE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (403kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (240kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dengan perspektif semiotika visual branding Kedutaan Besar Israel di Uni Emirat Arab (UAE) yang disampaikan melalui konten Instagram. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan teori semiotika Roland Barthes terhadap elemen-elemen visual berupa tipografi, ilustrasi, simbol, warna, dan tata letak pada konten foto dan video yang diunggah dalam rentang bulan Juli hingga Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram Kedutaan Besar Israel di Uni Emirat Arab (UAE) dominan menggunakan unggahan jenis konten foto. Selanjutnya, dalam melakukan visual branding Kedutaan Besar Israel di Uni Emirat Arab (UAE) sudah cukup konsisten. Hal ini terlihat dari pola formal-emosional yang digunakan dan juga melalui penggunaan elemen tipografi, warna, dan tata letak (layout). Adapun penggunaan elemen ilustrasi cenderung variatif namun tetap mengandung pesan emosional. Sedangkan, penggunaan simbol sebagai identitas pengirim pesan masih belum terlihat konsisten ditandai dengan jumlah penggunaan logo hanya berjumlah empat dari dua belas konten. Pola formal-emosional menunjukkan bagaimana pendekatan visual dimanfaatkan sebagai alat komunikasi dalam praktik organisasi atau institusi pemerintah.
| Dosen Pembimbing: | Kholifatul Fauziah, S.Sos.I., M.A. | NIDN0522108701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Visual Branding, Semiotics, Instagram Content, Israeli Embassy in UAE |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:46 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 06:46 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
