DIMAS EKA WIDIATMAJA (2025) ANALISIS SEMIOTIKA VISUAL BRANDING MELALUI KONTEN INSTAGRAM KEDUTAAN BESAR ISRAEL DI UNI EMIRAT ARAB (AUE). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (403kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dengan perspektif semiotika visual branding Kedutaan Besar Israel di Uni Emirat Arab (UAE) yang disampaikan melalui konten Instagram. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan teori semiotika Roland Barthes terhadap elemen-elemen visual berupa tipografi, ilustrasi, simbol, warna, dan tata letak pada konten foto dan video yang diunggah dalam rentang bulan Juli hingga Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram Kedutaan Besar Israel di Uni Emirat Arab (UAE) dominan menggunakan unggahan jenis konten foto. Selanjutnya, dalam melakukan visual branding Kedutaan Besar Israel di Uni Emirat Arab (UAE) sudah cukup konsisten. Hal ini terlihat dari pola formal-emosional yang digunakan dan juga melalui penggunaan elemen tipografi, warna, dan tata letak (layout). Adapun penggunaan elemen ilustrasi cenderung variatif namun tetap mengandung pesan emosional. Sedangkan, penggunaan simbol sebagai identitas pengirim pesan masih belum terlihat konsisten ditandai dengan jumlah penggunaan logo hanya berjumlah empat dari dua belas konten. Pola formal-emosional menunjukkan bagaimana pendekatan visual dimanfaatkan sebagai alat komunikasi dalam praktik organisasi atau institusi pemerintah.

Dosen Pembimbing: Kholifatul Fauziah, S.Sos.I., M.A. | NIDN0522108701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Visual Branding, Semiotics, Instagram Content, Israeli Embassy in UAE
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:46
Last Modified: 07 Aug 2025 06:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52490

Actions (login required)

View Item View Item