ABDUL AZIS (2025) PENERAPAN PENDIDIKAN ETIKA ISLAM PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan etika Islam Pada Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini menyoroti tantangan pembentukan karakter Islami di kalangan siswa SMP. Banyak siswa menganggap pendidikan etika Islam hanya sebagai teori, sehingga jarang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, metode pengajaran yang monoton dan kurang interaktif turut menghambat efektivitas penanaman nilai-nilai etika Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan interaktif, mengikuti teori analisis data Miles dan Huberman. Proses analisis data dilakukan secara berkesinambungan dan mencakup empat tahapan utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang beragam dan mendalam mengenai kondisi karakter Islami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan latar belakang siswa, termasuk kondisi sosial, budaya, dan tingkat pemahaman keagamaan, berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan internalisasi nilai-nilai etika Islam dalam pembentukan karakter Islami. Analisis data bertujuan untuk mengidentifikasi pola, hubungan, dan makna yang terkandung dalam data, sehingga dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan karakter di sekolah, khususnya dalam konteks pendidikan Islam, serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya di bidang yang sama. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menyoroti pentingnya pendidikan etika Islam, tetapi juga memberikan wawasan tentang bagaimana karakter Islami dapat dibentuk melalui pendekatan yang tepat dalam pendidikan di tingkat sekolah menengah.

Dosen Pembimbing: Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Islamic Ethics Education, Islamic Character, Students, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:46
Last Modified: 07 Aug 2025 06:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52491

Actions (login required)

View Item View Item