HAKIKI DINUL FURQON (2025) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL MANSYUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh santri serta mengidentifikasi upaya yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren dalam mengatasinya. Latar belakang penelitian ini muncul dari realitas bahwa santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al Mansyur dihadapkan pada beban ganda, yaitu pelajaran tahfidz dan pelajaran umum, yang menimbulkan berbagai kendala belajar baik secara akademik maupun psikologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan santri, ustadz, dan pimpinan pondok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami santri meliputi aspek internal, seperti kurangnya motivasi, kemampuan dasar yang rendah, dan kelelahan fisik; serta aspek eksternal, seperti metode pembelajaran yang monoton, jadwal yang padat, dan kurangnya fasilitas belajar. Salah satu bentuk kesulitan yang menonjol adalah dalam memahami pelajaran Bahasa Arab, terutama pada materi Nahwu dan Shorof.Sebagai respon atas kondisi tersebut, pihak pondok pesantren telah melakukan sejumlah upaya seperti meningkatkan variasi metode pembelajaran, mengoptimalkan manajemen waktu belajar dan istirahat, serta memberikan pendekatan personal dan motivasi secara intensif kepada santri. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak pesantren melakukan evaluasi rutin terhadap jadwal dan sistem pembelajaran, serta memperhatikan aspek psikologis santri guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih seimbang dan efektif.

Dosen Pembimbing: Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning difficulties, Islamic boarding school, tahfidz, students, learning, qualitative method
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:43
Last Modified: 07 Aug 2025 06:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52494

Actions (login required)

View Item View Item