HAKIKI DINUL FURQON (2025) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL MANSYUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (637kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (261kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh santri serta mengidentifikasi upaya yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren dalam mengatasinya. Latar belakang penelitian ini muncul dari realitas bahwa santri di Pondok Pesantren Tahfidz Al Mansyur dihadapkan pada beban ganda, yaitu pelajaran tahfidz dan pelajaran umum, yang menimbulkan berbagai kendala belajar baik secara akademik maupun psikologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan santri, ustadz, dan pimpinan pondok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami santri meliputi aspek internal, seperti kurangnya motivasi, kemampuan dasar yang rendah, dan kelelahan fisik; serta aspek eksternal, seperti metode pembelajaran yang monoton, jadwal yang padat, dan kurangnya fasilitas belajar. Salah satu bentuk kesulitan yang menonjol adalah dalam memahami pelajaran Bahasa Arab, terutama pada materi Nahwu dan Shorof.Sebagai respon atas kondisi tersebut, pihak pondok pesantren telah melakukan sejumlah upaya seperti meningkatkan variasi metode pembelajaran, mengoptimalkan manajemen waktu belajar dan istirahat, serta memberikan pendekatan personal dan motivasi secara intensif kepada santri. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak pesantren melakukan evaluasi rutin terhadap jadwal dan sistem pembelajaran, serta memperhatikan aspek psikologis santri guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih seimbang dan efektif.
| Dosen Pembimbing: | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Learning difficulties, Islamic boarding school, tahfidz, students, learning, qualitative method |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:43 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 06:43 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
