SITI LATHIFAH (2025) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KESIAPAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN OSCE STANDAR NASIONAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan metode evaluasi terstandar untuk menilai kompetensi klinis mahasiswa keperawatan. Sejak pandemi Covid-19, kompetensi mahasiswa lulusan keperawatan mulai dipertanyakan karena minimnya kesempatan untuk melakukan praktik secara langsung. Hal ini mendorong penerapan OSCE sebagai pelengkap Uji Kompetensi Nasional Indonesia (UKNI). Namun, implementasi OSCE masih menghadapi kendala karena belum ada standar pasti, sehingga menimbulkan kecemasan bagi mahasiswa dan dapat memengaruhi kesiapan mereka dalam menghadapi OSCE. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan kesiapan mahasiswa profesi ners dalam menghadapi ujian OSCE standar nasional. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel sebanyak 88 responden dipilih secara accidental sampling dari tiga institusi: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, dan Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Palembang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Zung Self-Rating Anxiety Scale (ZSAS) dan Self-Directed Learning Readiness Scale (SDLRS), kemudian dianalisis dengan uji korelasi spearman. Hasil: Mayoritas responden berusia 23 tahun (48,9%) dan berjenis kelamin perempuan (89,8%). Sebagian besar mahasiswa tidak mengalami kecemasan (84,1%) dan menunjukkan kesiapan tinggi dalam menghadapi OSCE (86,4%). Ditemukan hubungan negatif yang signifikan antara tingkat kecemasan dan kesiapan mahasiswa (p = 0,001; r = –0,412). Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara tingkat kecemasan dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi OSCE standar nasional. Semakin tinggi tingkat kecemasan, semakin rendah kesiapan mahasiswa. Temuan ini menekankan pentingnya intervensi psikologis untuk mendukung kesiapan akademik.

Dosen Pembimbing: Moh. Afandi, S.Kep., NS., MAN. | NIDN0517077501
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Anxiety, Readiness, Professional Nursing Students, OSCE
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:39
Last Modified: 07 Aug 2025 06:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52499

Actions (login required)

View Item View Item