AISYAH FADHILA SAFRUDDIN (2025) PENGALAMAN MAHASISWA KEPERAWATAN GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN GAYA BELAJAR DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Generasi Z merupkan generasi yang tumbuh bersama dengan perkembangan zaman dan teknologi karena hal itu lah gaya belajar yang digunakan oleh generasi z sangat unik dan beragam. Dalam keperawatan gaya belajar yang digunakan mahasiswa sangat berpengaruh terhadap efektivitas pemahaman belajar. Tujuan: Mendalami pengalaman mahasiswa keperawatan generasi Z di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terkait penggunaan gaya belajar yang digunakan. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Partisipan berjumlah 12 orang mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan UMY angkatan 2021, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam pada Desember 2024 hingga Mei 2025 dan dianalisis dengen metode 7 steps from colaizzi. Hasil Penelitian: Ditemukan 4 tema yaitu: strategi belajar diantaranya mencatat ulang dengan bahasa sendiri, visualisasi materi dalam tabel dan kode-kode dan membaca dan menghapal ulang. Manajemen waktu dan lingkungan belajar: belajar ditempat tenang dan belajar terjadwal. Penggunaan media audio visual: musik sebagai penunjang, video pembelajaran dan mendengarkan penjelasan. Kolaborasi belajar: saling tukar sudut dan diskusi bersama. Kesimpulan: Pengalaman mahaiswa menggunakan gaya belajar yang beragammenunjukan bahwa masing-masing individu menggunakan gaya belajar yang berbeda, namun gaya belajar yang tidak sesui dengan individu tidak memiliki efektivitas untuk meningkatkan pemahaman.

Dosen Pembimbing: Wulan Noviani, S.Kep., Ns., M.M., Ph.D. | NIDN0516118603
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Styles, Generation Z, Nursing Students, Learning Strategies, Educational Technology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:25
Last Modified: 07 Aug 2025 04:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52504

Actions (login required)

View Item View Item