AISYAH FADHILA SAFRUDDIN (2025) PENGALAMAN MAHASISWA KEPERAWATAN GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN GAYA BELAJAR DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (469kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (342kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Generasi Z merupkan generasi yang tumbuh bersama dengan perkembangan zaman dan teknologi karena hal itu lah gaya belajar yang digunakan oleh generasi z sangat unik dan beragam. Dalam keperawatan gaya belajar yang digunakan mahasiswa sangat berpengaruh terhadap efektivitas pemahaman belajar. Tujuan: Mendalami pengalaman mahasiswa keperawatan generasi Z di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terkait penggunaan gaya belajar yang digunakan. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Partisipan berjumlah 12 orang mahasiswa aktif Program Studi Keperawatan UMY angkatan 2021, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam pada Desember 2024 hingga Mei 2025 dan dianalisis dengen metode 7 steps from colaizzi. Hasil Penelitian: Ditemukan 4 tema yaitu: strategi belajar diantaranya mencatat ulang dengan bahasa sendiri, visualisasi materi dalam tabel dan kode-kode dan membaca dan menghapal ulang. Manajemen waktu dan lingkungan belajar: belajar ditempat tenang dan belajar terjadwal. Penggunaan media audio visual: musik sebagai penunjang, video pembelajaran dan mendengarkan penjelasan. Kolaborasi belajar: saling tukar sudut dan diskusi bersama. Kesimpulan: Pengalaman mahaiswa menggunakan gaya belajar yang beragammenunjukan bahwa masing-masing individu menggunakan gaya belajar yang berbeda, namun gaya belajar yang tidak sesui dengan individu tidak memiliki efektivitas untuk meningkatkan pemahaman.
| Dosen Pembimbing: | Wulan Noviani, S.Kep., Ns., M.M., Ph.D. | NIDN0516118603 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Learning Styles, Generation Z, Nursing Students, Learning Strategies, Educational Technology |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:25 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 04:25 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
