AISYA PRAMESWARI ADDINATA (2025) ANALISIS MINAT DONASI MELALUI ATM BSI, BSI MOBILE, DAN TOKO RITEL DENGAN PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Meningkatnya kesadaran filantropi di masyarakat mendorong berkembangnya praktik donasi, yang ditandai dengan semakin banyaknya platform yang menawarkan kemudahan berdonasi. BSI, melalui layanan ATM dan BSI Mobile Banking, menyediakan fitur donasi di akhir transaksi. Selain itu, toko ritel seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret juga memberikan penawaran donasi dari uang kembalian belanja konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat konsumen dalam melakukan donasi melalui ATM BSI, BSI Mobile, dan toko ritel dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan wawancara mendalam semi-terstruktur dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen lebih berminat berdonasi melalui toko ritel dibandingkan melalui ATM BSI dan BSI Mobile. Norma subjektif dipengaruhi oleh ajakan langsung dari kasir, sementara itu proses donasi melalui toko ritel yang praktis dan cepat mencerminkan persepsi kontrol perilaku yang kuat sehingga mendorong minat konsumen untuk donasi melalui toko ritel. Temuan ini memberikan kontribusi bagi lembaga filantropi dalam merancang strategi penajian donasi yang lebih efektif dan sesuai dengan preferensi konsumen.

Dosen Pembimbing: Rozikan, S.E.I., M.S.I. | NIDN0504038702
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Donations, ATM, Mobile Banking, Retail Stores, Interest
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:21
Last Modified: 07 Aug 2025 04:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52510

Actions (login required)

View Item View Item