AISYA PRAMESWARI ADDINATA (2025) ANALISIS MINAT DONASI MELALUI ATM BSI, BSI MOBILE, DAN TOKO RITEL DENGAN PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (388kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Meningkatnya kesadaran filantropi di masyarakat mendorong berkembangnya praktik donasi, yang ditandai dengan semakin banyaknya platform yang menawarkan kemudahan berdonasi. BSI, melalui layanan ATM dan BSI Mobile Banking, menyediakan fitur donasi di akhir transaksi. Selain itu, toko ritel seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret juga memberikan penawaran donasi dari uang kembalian belanja konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat konsumen dalam melakukan donasi melalui ATM BSI, BSI Mobile, dan toko ritel dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan wawancara mendalam semi-terstruktur dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen lebih berminat berdonasi melalui toko ritel dibandingkan melalui ATM BSI dan BSI Mobile. Norma subjektif dipengaruhi oleh ajakan langsung dari kasir, sementara itu proses donasi melalui toko ritel yang praktis dan cepat mencerminkan persepsi kontrol perilaku yang kuat sehingga mendorong minat konsumen untuk donasi melalui toko ritel. Temuan ini memberikan kontribusi bagi lembaga filantropi dalam merancang strategi penajian donasi yang lebih efektif dan sesuai dengan preferensi konsumen.
| Dosen Pembimbing: | Rozikan, S.E.I., M.S.I. | NIDN0504038702 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Donations, ATM, Mobile Banking, Retail Stores, Interest |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:21 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 04:21 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
