HAIDAR FAQIH (2025) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS NILAI EKOLOGIS PADA PERILAKU ETIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (627kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (344kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Isu lingkungan menjadi salah satu tantangan besar di era modern, dan pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk kesadaran serta perilaku etis generasi muda terhadap lingkungan. Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan nilainilai moral dan spiritual yang diusungnya, diyakini mampu memberikan kontribusi dalam membangun karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PAI terhadap perilaku etis siswa dalam menghadapi isu lingkungan, serta menganalisis tingkat kesadaran dan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku etis siswa terhadap pelestarian lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang disebarkan kepada siswa kelas XI di salah satu SMA negeri di Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan perilaku etis siswa dalam menjaga lingkungan. Tingkat kesadaran siswa terhadap isu lingkungan berada pada kategori sedang, dan perilaku etis siswa juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, budaya sekolah, serta dukungan masyarakat. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran berbasis lingkungan sebagai upaya membentuk generasi yang berakhlak dan peduli terhadap keberlanjutan lingkungan.
| Dosen Pembimbing: | Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0520039101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Islamic Education, Ethical Behavior, Environmental Issue, Ecological Awareness |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:53 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 03:53 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
