MUHAMMAD RAFI PERDANA NURROCHMAN (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN TAHSIN DENGAN METODE TALAQQI DAN MUSYAFAHAH BAGI ORANG DEWASA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tahsin AlQur’an dengan metode talaqqi dan musyafahah bagi orang dewasa, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas satu orang pengajar dan empat peserta didik dewasa yang rutin mengikuti pembelajaran di Masjid Darussalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi dan musyafahah diterapkan melalui pembelajaran langsung secara lisan, di mana peserta membaca Al-Qur’an di hadapan pengajar dan langsung mendapatkan koreksi atas kesalahan bacaan. Faktor pendukung pembelajaran ini meliputi komitmen peserta, keikhlasan pengajar, serta motivasi religius yang kuat, sedangkan faktor penghambatnya mencakup keterbatasan daya ingat akibat usia, latar belakang pendidikan yang beragam, dan waktu belajar yang terbatas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode talaqqi dan musyafahah efektif dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an orang dewasa jika dilaksanakan secara konsisten dan disertai dengan motivasi yang kuat.

Dosen Pembimbing: Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tahsin, talaqqi, musyafahah, adults, Qur’anic learning
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:23
Last Modified: 07 Aug 2025 03:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52535

Actions (login required)

View Item View Item