MUHAMMAD RAFI PERDANA NURROCHMAN (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN TAHSIN DENGAN METODE TALAQQI DAN MUSYAFAHAH BAGI ORANG DEWASA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (629kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (352kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran tahsin AlQur’an dengan metode talaqqi dan musyafahah bagi orang dewasa, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas satu orang pengajar dan empat peserta didik dewasa yang rutin mengikuti pembelajaran di Masjid Darussalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi dan musyafahah diterapkan melalui pembelajaran langsung secara lisan, di mana peserta membaca Al-Qur’an di hadapan pengajar dan langsung mendapatkan koreksi atas kesalahan bacaan. Faktor pendukung pembelajaran ini meliputi komitmen peserta, keikhlasan pengajar, serta motivasi religius yang kuat, sedangkan faktor penghambatnya mencakup keterbatasan daya ingat akibat usia, latar belakang pendidikan yang beragam, dan waktu belajar yang terbatas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode talaqqi dan musyafahah efektif dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an orang dewasa jika dilaksanakan secara konsisten dan disertai dengan motivasi yang kuat.
| Dosen Pembimbing: | Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | tahsin, talaqqi, musyafahah, adults, Qur’anic learning |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:23 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 03:23 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
