MUHAMMAD FAJRIN AL JIHAD AREY (2025) STRATEGI GASTRODIPLOMASI KOREAN FOOD DI YOGYAKARTA (2020-2024). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (555kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (310kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi strategi gastrodiplomasi Korea Selatan dalam mempromosikan Korean BBQ di Yogyakarta dari tahun 2020 hingga 2024. Penelitian ini mengkaji bagaimana Korea memanfaatkan soft power, diplomasi budaya, dan adaptasi lokal seperti sertifikasi halal dan integrasi dengan Hallyu Wave untuk meningkatkan daya tarik kuliner Korea. Penelitian ini menyoroti peran inovasi digital, media sosial, dan pemasaran viral dalam menarik konsumen muda, termasuk pelajar dan profesional, dengan fokus pada pengaruh K-Drama dan K-Pop. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, termasuk wawancara, observasi, dan analisis tematik, untuk memahami bagaimana restoran Korea mengadaptasi menu dan elemen budaya untuk memenuhi selera lokal dan persyaratan agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Korean BBQ telah menjadi alat budaya dan sosial yang memperkuat hubungan Korea-Indonesia dan meningkatkan peluang ekonomi melalui peningkatan penjualan, kolaborasi, dan pertukaran budaya. Keberhasilan strategi ini disebabkan oleh kombinasi konten budaya, pemasaran digital, dan pengalaman bersantap, yang menumbuhkan citra positif Korea sebagai tujuan wisata yang modern, kaya akan budaya, dan mudah didekati. Studi ini menunjukkan bahwa pendekatan multidimensi terhadap gastrodiplomasi ini dapat menjadi model bagi wilayah dan negara lain yang ingin mempromosikan budaya mereka melalui diplomasi kuliner.
| Dosen Pembimbing: | Imam Mahdi, Dr., S.IP., M.A. | NIDN0527128701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Gastrodiplomacy, Korean BBQ, cultural diplomacy, digital marketing, Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:17 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 03:17 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
