M.HILMI SYAFI LABIB (2025) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA MUSLIM MELALUI PRAKTIK IBADAH : STUDI KASUS DI SMA 5 MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Praktik ibadah memiliki peran penting dalam membentuk kesejahteraan psikologis siswa Muslim karena melalui ibadah, siswa dapat menemukan kedamaian, pengendalian diri, serta memperkuat ikatan spiritual yang memberikan dukungan emosional dan mental dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya kesejahteraan psikologis semakin disadari dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam konteks personal maupun profesional. dalam bidang pendidikan, siswa yang memiliki kesejahteraan psikologis yang baik cenderung lebih fokus dan produktif dalam belajar, mampu menghadapi tekanan akademik dengan lebih baik, serta memiliki hubungan sosial yang lebih harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran praktik ibadah dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa Muslim di lingkungan sekolah berbasis Islam. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara yang dilaksanakan di SMA 5 Muhammadiyah Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik ibadah yang dilakukan secara rutin, seperti salat berjamaah, membaca Al-Qur’an, serta pembinaan keagamaan mingguan, berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan psikologis siswa. Indikator kesejahteraan yang tampak mencakup peningkatan rasa tenang, semangat belajar, kontrol diri yang lebih baik, serta hubungan sosial yang lebih harmonis. Kegiatan ibadah tidak hanya memberikan ketenangan spiritual, tetapi juga menjadi sarana internalisasi nilai, pembentukan karakter, dan penguatan identitas keislaman di tengah tantangan kehidupan remaja. Temuan ini memperkuat pentingnya integrasi aspek spiritual dalam pendidikan, khususnya dalam upaya membentuk individu yang sehat secara mental dan spiritual. Dengan demikian, praktik ibadah dapat dijadikan sebagai salah satu strategi efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa Muslim di lingkungan sekolah. Kata Kunci: kesejahteraan psikologis, praktik ibadah, siswa Muslim, pendidikan Islam.

Dosen Pembimbing: Nurwanto, S.Ag., M.A.,M.Ed., Ph.D. | NIDN0501017701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: psychological well-being, worship practices, Muslim students, Islamic education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:09
Last Modified: 07 Aug 2025 03:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52550

Actions (login required)

View Item View Item