M.HILMI SYAFI LABIB (2025) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA MUSLIM MELALUI PRAKTIK IBADAH : STUDI KASUS DI SMA 5 MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (411kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (302kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Praktik ibadah memiliki peran penting dalam membentuk kesejahteraan psikologis siswa Muslim karena melalui ibadah, siswa dapat menemukan kedamaian, pengendalian diri, serta memperkuat ikatan spiritual yang memberikan dukungan emosional dan mental dalam kehidupan sehari-hari. Pentingnya kesejahteraan psikologis semakin disadari dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam konteks personal maupun profesional. dalam bidang pendidikan, siswa yang memiliki kesejahteraan psikologis yang baik cenderung lebih fokus dan produktif dalam belajar, mampu menghadapi tekanan akademik dengan lebih baik, serta memiliki hubungan sosial yang lebih harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran praktik ibadah dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa Muslim di lingkungan sekolah berbasis Islam. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara yang dilaksanakan di SMA 5 Muhammadiyah Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik ibadah yang dilakukan secara rutin, seperti salat berjamaah, membaca Al-Qur’an, serta pembinaan keagamaan mingguan, berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan psikologis siswa. Indikator kesejahteraan yang tampak mencakup peningkatan rasa tenang, semangat belajar, kontrol diri yang lebih baik, serta hubungan sosial yang lebih harmonis. Kegiatan ibadah tidak hanya memberikan ketenangan spiritual, tetapi juga menjadi sarana internalisasi nilai, pembentukan karakter, dan penguatan identitas keislaman di tengah tantangan kehidupan remaja. Temuan ini memperkuat pentingnya integrasi aspek spiritual dalam pendidikan, khususnya dalam upaya membentuk individu yang sehat secara mental dan spiritual. Dengan demikian, praktik ibadah dapat dijadikan sebagai salah satu strategi efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa Muslim di lingkungan sekolah. Kata Kunci: kesejahteraan psikologis, praktik ibadah, siswa Muslim, pendidikan Islam.
| Dosen Pembimbing: | Nurwanto, S.Ag., M.A.,M.Ed., Ph.D. | NIDN0501017701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | psychological well-being, worship practices, Muslim students, Islamic education |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:09 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 03:09 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
