ITSNA RIZQI FAUZIYAH (2025) KEPRIBADIAN PENDIDIK MENURUT ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN AKHLAK (STUDI KITAB AR-RASŪL AL-MU’ALLIM WA ASĀLIBUHŪ FĪ AT-TA’LĪM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (414kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan pendidikan Islam adalah untuk menciptakan akhlak mulia atau budi pekerti yang baik. Dalam mencapai tujuan tersebut, pendidik memiliki peran yang cukup penting, salah satunya memberikan keteladanan. Untuk menjadi teladan yang baik, perlu melihat keteladanan yang diberikan oleh Rasulullah saw. sebagai teladan yang baik. Hal tersebut termaktub dalam kitab karya Abdul Fattah Abu Ghuddah yang berjudul Ar-Rasūl Al-Mu’allim Wa Asālibuhū Fī AtTa’līm. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pandangan Abu Ghuddah tentang kepribadian pendidik dalam karyanya Ar-Rasūl Al-Mu’allim Wa Asālibuhū Fī AtTa’līm serta menganalisis relevansinya dengan penguatan pendidikan akhlak. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur, sementara teknik analisis data yang digunkanan adalah analisis konten yaitu fokus pada telaah literatur yang dijadikan objek untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini adalah: pertama, Abdul Fattah Abu Ghuddah memberikan pandangan terhadap kepribadian pendidik dalam kitabnya yang berjudul ArRasūl al-Mu’allim wa Asālibuhū fii at-Ta’līm mencakup berbagai aspek yaitu mencakup spiritual, moral, dan profesional. Seorang pendidik tidak hanya bertanggung jawab dalam mentransfer pengetahuan, tetapi juga dalam membentuk akhlak dan karakter siswa. Beberapa kepribadian yang harus dimiliki oleh pendidik antara lain: 1) tenang dalam bersikap, 2) wajah berseri-seri dan ceria, 3) berwawasan luas, 4) zuhud terhadap kehidupan dunia, 5) tawaduk, 6) fasih dalam berbicara, 7) lemah lembut, kasih sayang, 8) murah hati dan dermawan, 9) tidak mencela manusia atau sesuatu apa pun karena merendahkannya/meremehkannya, 10) tidak mencari-cari aib manusia dan kesalahan mereka, 11) kreatif. Kedua, pandangan Abdul Fattah Abu Ghuddah mengenai kepribadian pendidik telah relevan dengan penguatan pendidikan akhlak. Hal ini ditunjukkan adanya peran pendidik yang sangat penting bagi peserta didik dalam menanamkan dan menguatkan pendidikan akhlak melalui keteladanan, hubungan emosional antara pendidik dengan peserta didik, serta keamanahan dan keikhlasan pendidik.
| Dosen Pembimbing: | Fajar Rachmadhani, Lc., M.Hum., Ph.D | NIDN0503058901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | educator personality, education, morals |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:08 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 03:08 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
