GUMESA RAHMA JATI (2025) THE FAILURE OF POLITICAL MARKETING STRATEGIES OF THE NUSANTARA AWAKENING PARTY (PKN) IN REACHING THE PARLIAMENTARY THRESHOLD IN THE 2024 LEGISLATIVE ELECTION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (484kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (436kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pemilihan umum legislatif di Indonesia merupakan momen krusial yang menentukan keterwakilan rakyat di lembaga legislatif. Tidak hanya menentukan wakil rakyat, tetapi juga mencerminkan dinamika politik dan sosial yang ada di masyarakat, di mana partai-partai politik bersaing untuk mendapatkan tempat di lembaga legislatif. Pada tahun 2024 10 partai tidak akan mampu mencapai ambang batas parlemen, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) memperoleh persentase suara sah secara nasional dengan total 0,22%, capaian ini merupakan yang terendah dari 10 partai yang tidak mencapai ambang batas pada Pemilu Serentak 2024. Melalui penelitian ini, peneliti ingin membahas strategi yang dilakukan oleh Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) untuk mencapai Ambang Batas Parlemen sebesar 4% pada pemilu 2024. Penelitian ini termasuk metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan dan pengelolaan data; pemilihan data; analisis antar variabel dan validasi data; dan penjelasan serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran politik PKN sebagai partai baru peserta Pemilu Legislatif 2024 masih perlu banyak evaluasi dan perbaikan untuk dapat mencapai ambang batas parlemen 4%. Kegagalan PKN mencapai ambang batas parlemen pada Pemilu 2024 sangat dipengaruhi oleh kegagalan PKN dalam memenuhi kriteria/indikator pada variabel harga. Indikator produk merupakan faktor yang paling kecil pengaruhnya terhadap kegagalan PKN mencapai ambang batas parlemen pada Pemilu 2024.
| Dosen Pembimbing: | Ridho Al-Hamdi, Dr. phil., S.Fil.l., M.A. | NIDN0510058503 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Political Marketing Strategies, PKN, Parliamentary Threshold, Legislative Election |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:59 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 02:59 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
