GUMESA RAHMA JATI (2025) THE FAILURE OF POLITICAL MARKETING STRATEGIES OF THE NUSANTARA AWAKENING PARTY (PKN) IN REACHING THE PARLIAMENTARY THRESHOLD IN THE 2024 LEGISLATIVE ELECTION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan umum legislatif di Indonesia merupakan momen krusial yang menentukan keterwakilan rakyat di lembaga legislatif. Tidak hanya menentukan wakil rakyat, tetapi juga mencerminkan dinamika politik dan sosial yang ada di masyarakat, di mana partai-partai politik bersaing untuk mendapatkan tempat di lembaga legislatif. Pada tahun 2024 10 partai tidak akan mampu mencapai ambang batas parlemen, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) memperoleh persentase suara sah secara nasional dengan total 0,22%, capaian ini merupakan yang terendah dari 10 partai yang tidak mencapai ambang batas pada Pemilu Serentak 2024. Melalui penelitian ini, peneliti ingin membahas strategi yang dilakukan oleh Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) untuk mencapai Ambang Batas Parlemen sebesar 4% pada pemilu 2024. Penelitian ini termasuk metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan dan pengelolaan data; pemilihan data; analisis antar variabel dan validasi data; dan penjelasan serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran politik PKN sebagai partai baru peserta Pemilu Legislatif 2024 masih perlu banyak evaluasi dan perbaikan untuk dapat mencapai ambang batas parlemen 4%. Kegagalan PKN mencapai ambang batas parlemen pada Pemilu 2024 sangat dipengaruhi oleh kegagalan PKN dalam memenuhi kriteria/indikator pada variabel harga. Indikator produk merupakan faktor yang paling kecil pengaruhnya terhadap kegagalan PKN mencapai ambang batas parlemen pada Pemilu 2024.

Dosen Pembimbing: Ridho Al-Hamdi, Dr. phil., S.Fil.l., M.A. | NIDN0510058503
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Political Marketing Strategies, PKN, Parliamentary Threshold, Legislative Election
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:59
Last Modified: 07 Aug 2025 02:59
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52559

Actions (login required)

View Item View Item