MUHAMMAD FADHIL RAIHAN IRYANDI (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGURANGI KENAKALAN REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) dalam mengurangi kenakalan remaja di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa kenakalan remaja, seperti penggunaan HP berlebihan untuk game, percobaan minuman keras, pergaulan bebas, dan bullying verbal di media sosial, masih menjadi perhatian serius, terutama karena dampak negatif lingkungan dan kurangnya pengawasan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kenakalan remaja, menganalisis strategi guru ISMUBA dalam mencegahnya, memahami persepsi guru terhadap efektivitas strategi, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur dengan tiga guru ISMUBA, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, serta menggunakan triangulasi sumber (guru PAI, siswa, guru BK, kepala sekolah) dan metode (wawancara, observasi, dokumentasi) untuk keabsahan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru ISMUBA menerapkan strategi preventif (pengumpulan HP, pembinaan klasikal), kuratif (ID card biru berisi tugas keagamaan, hukuman religius), dan pembelajaran diferensiasi. Strategi ini dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi keagamaan, sopan santun, dan keterbukaan siswa, meskipun menghadapi kendala waktu, jumlah siswa, dan pengaruh eksternal. Faktor pendukung meliputi dukungan sekolah, kerja sama dengan orang tua, dan kegiatan positif.

Dosen Pembimbing: Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teacher Strategy, ISMUBA, Juvenile Delinquency, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:31
Last Modified: 07 Aug 2025 01:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52563

Actions (login required)

View Item View Item