MUHAMMAD FADHIL RAIHAN IRYANDI (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGURANGI KENAKALAN REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (904kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) dalam mengurangi kenakalan remaja di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa kenakalan remaja, seperti penggunaan HP berlebihan untuk game, percobaan minuman keras, pergaulan bebas, dan bullying verbal di media sosial, masih menjadi perhatian serius, terutama karena dampak negatif lingkungan dan kurangnya pengawasan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kenakalan remaja, menganalisis strategi guru ISMUBA dalam mencegahnya, memahami persepsi guru terhadap efektivitas strategi, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur dengan tiga guru ISMUBA, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, serta menggunakan triangulasi sumber (guru PAI, siswa, guru BK, kepala sekolah) dan metode (wawancara, observasi, dokumentasi) untuk keabsahan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru ISMUBA menerapkan strategi preventif (pengumpulan HP, pembinaan klasikal), kuratif (ID card biru berisi tugas keagamaan, hukuman religius), dan pembelajaran diferensiasi. Strategi ini dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi keagamaan, sopan santun, dan keterbukaan siswa, meskipun menghadapi kendala waktu, jumlah siswa, dan pengaruh eksternal. Faktor pendukung meliputi dukungan sekolah, kerja sama dengan orang tua, dan kegiatan positif.
| Dosen Pembimbing: | Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Teacher Strategy, ISMUBA, Juvenile Delinquency, SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:31 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 01:31 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
