KARTIKO AGUS NUGROHO (2025) REINTERPRETASI KONSEP ADAB MURID KEPADA GURUPADA KEGIATAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas reinterpretasi adab murid kepada guru yang telah dirumuskan oleh salah seorang ulama, yaitu Abu Hafs Umar bin Muhammad as-Suhrawardi, di dalam kitabnya, ‘awa>riful ma’a>rif, berdasarkan QS. al-Hujurat ayat 1. Praktik adab, termasuk tabarruk, memang telah mengakar kuat di lingkungan pesantren, akan tetapi tantangan di abad ke-21 yang menuntut keterampilan 4C (critical thinking, creativity, communication, collaboration). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mereinterpretasi rumusan adab murid terhadap guru agar dapat melengkpai kebutuhan era saat ini. Penelitian ini menggunakan teori double movement Fazlur Rahman sebagai kerangka hermeneutika untuk memahami pesan Al-Qur'an. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan, dengan sumber data utama kitab ‘awa>riful ma’a>rif karya Syihab al-Din Abu Hafs Umar al-Suhrawardi dan buku Islam dan Modernitas: tentang Transformasi Intelektual karya Fazlur Rahman. Pada awalnya, pengkajian QS. al-Hujurat ayat 1 menghasilkan tiga nilai universal: penghormatan terhadap otoritas, kerendahan hati dan pengendalian diri, serta adab dalam berinteraksi. Akan tetapi, setelah menilai dinamika yang ada pada sasat ini, hasil reinterpretasi menunjukkan bahwa adab murid kepada guru harus seimbang dengan keaktifan murid dalam pembelajaran sehingga tidak lagi dimaknai sebagai kepasifan mutlak. Keseimbangan ini penting untuk mengembangkan keterampilan 4C. Konsep adab ketika dikontekstualisasikan di era digital menghasilkan dua hal yaitu kebebasan Murid atas kehendaknya dan Keharusan Murid untuk Aktif dalam Pembelajaran.

Dosen Pembimbing: Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0520039101
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reinterpretation, Student Adab, the book of ʿAwārif al-Maʿārif
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:29
Last Modified: 07 Aug 2025 01:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52566

Actions (login required)

View Item View Item