MUHAMMAD RIZQI HIDAYATULLAH (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI ASRAMA UNIRES PUTRA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (801kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (387kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menjadikan seluruh populasi sebagai sampel berjumlah 98 orang, Lokasi penelitian di asrama unires putra Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data melalui sebaran kuesioner, dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Metode analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan model summary. Adapun hasil yang diperoleh dari pengolahan data diketahui nilai R square sebesar 0,292 maka berkesimpulan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen yaitu dukungan sosial teman sebaya terhadap variabel dependen yaitu motivasi belajar bernilai 29,2% dan sisa 70,8% faktor lain yang mempengaruhi. Sedangkan t hitung sebesar 6.298 > t tabel yaitu 1.661 dengan nilai angka positif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel dukungan sosial teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, artinya semakin tinggi tingkat dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan pentingnya kesadaran pentingnya teman sebaya untuk saling memberi dukungan sosial sama lain, sehingga dapat memberikan dampak positif pada kehidupan akademis mahasiswa.
| Dosen Pembimbing: | Novia Fetri Aliza, M.Psi., Psikolog. | NIDN0505058601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Social Support; Learning Motivation; Peers; Adolescents |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:28 |
| Last Modified: | 07 Aug 2025 01:28 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
