MUHAMMAD RIZQI HIDAYATULLAH (2025) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI ASRAMA UNIRES PUTRA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (801kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menjadikan seluruh populasi sebagai sampel berjumlah 98 orang, Lokasi penelitian di asrama unires putra Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data melalui sebaran kuesioner, dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Metode analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan model summary. Adapun hasil yang diperoleh dari pengolahan data diketahui nilai R square sebesar 0,292 maka berkesimpulan bahwa sumbangan pengaruh variabel independen yaitu dukungan sosial teman sebaya terhadap variabel dependen yaitu motivasi belajar bernilai 29,2% dan sisa 70,8% faktor lain yang mempengaruhi. Sedangkan t hitung sebesar 6.298 > t tabel yaitu 1.661 dengan nilai angka positif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel dukungan sosial teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, artinya semakin tinggi tingkat dukungan sosial teman sebaya maka semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan pentingnya kesadaran pentingnya teman sebaya untuk saling memberi dukungan sosial sama lain, sehingga dapat memberikan dampak positif pada kehidupan akademis mahasiswa.

Dosen Pembimbing: Novia Fetri Aliza, M.Psi., Psikolog. | NIDN0505058601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Support; Learning Motivation; Peers; Adolescents
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:28
Last Modified: 07 Aug 2025 01:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52567

Actions (login required)

View Item View Item