MUHAMMAD THORIQ IQBAL AL GHIFF (2025) PENDIDIKAN LINGKUINGAN HIDUP UNTUK ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL (PENILAIAN AHLI TERHADAP MODUL PENDIDIKAN LINGKUINGAN HIDUP). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kerusakan lingkungan yang semakin sering terjadi menunjukkan dampak nyata dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Pendidikan menjadi instrumen penting untuk menanamkan nilai kepedulian terhadap lingkungan sejak dini, terutama bagi anak disabilitas intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) perspektif fikih lingkungan Muhammadiyah dan menjelaskan penilaian ahli terhadap modul PLH untuk anak disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode evaluatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara kepada para ahli. Sumber data terdiri dari data primer, berupa buku-buku terkait fikih lingkungan Muhammadiyah dan pendidikan anak disabilitas intelektual, serta data sekunder berupa jurnal dan literatur pendukung lainnya. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta didukung oleh analisis statistik deskriptif untuk mengetahui persentase kelayakan modul. Prosedur penelitian meliputi pengumpulan bahan, penyusunan modul, uji kelayakan oleh empat ahli di bidang yang berbeda, yaitu bidang PLH, fikih lingkungan Muhammadiyah, pendidikan luar biasa, dan editing-layout modul. Tahap terakhir terdapat revisi modul berdasarkan masukan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan perspektif fikih Muhammadiyah berlandaskan teologi dan pedagogi, menekankan internalisasi nilai kepedulian melalui pengajaran, keteladanan, pembiasaan, dan refleksi secara sistematis. Penilaian ahli menunjukkan modul PLH perspektif fikih Muhammadiyah layak digunakan sebagai media pembelajaran inklusif bagi anak disabilitas intelektual dan telah memenuhi kriteria kelayakan.

Dosen Pembimbing: Anita A'isah, S.Psi., M.Psi | NIDN0505078702
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: education, environment, intellectual disability, Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:11
Last Modified: 06 Aug 2025 09:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52575

Actions (login required)

View Item View Item