MUHAMMAD THORIQ IQBAL AL GHIFF (2025) PENDIDIKAN LINGKUINGAN HIDUP UNTUK ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL (PENILAIAN AHLI TERHADAP MODUL PENDIDIKAN LINGKUINGAN HIDUP). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (367kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (268kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kerusakan lingkungan yang semakin sering terjadi menunjukkan dampak nyata dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab. Pendidikan menjadi instrumen penting untuk menanamkan nilai kepedulian terhadap lingkungan sejak dini, terutama bagi anak disabilitas intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) perspektif fikih lingkungan Muhammadiyah dan menjelaskan penilaian ahli terhadap modul PLH untuk anak disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode evaluatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara kepada para ahli. Sumber data terdiri dari data primer, berupa buku-buku terkait fikih lingkungan Muhammadiyah dan pendidikan anak disabilitas intelektual, serta data sekunder berupa jurnal dan literatur pendukung lainnya. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta didukung oleh analisis statistik deskriptif untuk mengetahui persentase kelayakan modul. Prosedur penelitian meliputi pengumpulan bahan, penyusunan modul, uji kelayakan oleh empat ahli di bidang yang berbeda, yaitu bidang PLH, fikih lingkungan Muhammadiyah, pendidikan luar biasa, dan editing-layout modul. Tahap terakhir terdapat revisi modul berdasarkan masukan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan perspektif fikih Muhammadiyah berlandaskan teologi dan pedagogi, menekankan internalisasi nilai kepedulian melalui pengajaran, keteladanan, pembiasaan, dan refleksi secara sistematis. Penilaian ahli menunjukkan modul PLH perspektif fikih Muhammadiyah layak digunakan sebagai media pembelajaran inklusif bagi anak disabilitas intelektual dan telah memenuhi kriteria kelayakan.
| Dosen Pembimbing: | Anita A'isah, S.Psi., M.Psi | NIDN0505078702 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | education, environment, intellectual disability, Muhammadiyah |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:11 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 09:11 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
