ALIFFIA NURANI AGUSTINA (2025) PENGARUH KEDISIPLINAN MENGIKUTI PROGRAM HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SANTRI PONDOK PESANTREN TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (501kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (352kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembentukan karakter religius merupakan aspek penting dalam pendidikan pesantren yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kedisiplinan santri dalam mengikuti program hafalan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kedisiplinan mengikuti program hafalan Al-Qur’an terhadap karakter religius santri di Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 185 santri, dengan jumlah sampel sebanyak 126 santri yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment, dengan hasil bahwa item yang valid dan reliabel pada variabel X (kedisiplinan) sebanyak 36 item, sedangkan pada variabel Y (karakter religius) sebanyak 52 item. Uji reliabilitas dilakukan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana, dengan pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kedisiplinan santri dalam mengikuti program hafalan Al-Qur’an terbagi dalam tiga kategori, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Dari hasil analisis terhadap 126 santri, sebanyak 79,4% berada dalam kategori tinggi, 20,6% dalam kategori sedang, dan tidak ada santri yang tergolong dalam kategori rendah. Hal ini mencerminkan bahwa sebagian besar santri memiliki komitmen yang baik terhadap pelaksanaan program hafalan, termasuk dalam aspek kepatuhan terhadap jadwal, kehadiran dalam halaqah, serta usaha memperbaiki hafalan. 2) Tingkat karakter religius santri secara umum berada dalam kategori tinggi, yaitu sebesar 96% dari total responden, sementara 4% sisanya berada dalam kategori sedang. Tidak terdapat santri dengan kategori karakter religius rendah, yang menunjukkan kuatnya internalisasi nilai-nilai keagamaan di kalangan santri. 3) Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan mengikuti program hafalan Al-Qur’an terhadap karakter religius santri. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,517 menunjukkan bahwa pengaruh kedisiplinan terhadap karakter religius adalah sebesar 51,7%, sedangkan sisanya yaitu 48,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
| Dosen Pembimbing: | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Discipline, Al-Quran Memorization Program, Religious Character, Santri |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:10 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 09:10 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
