AHMAD ADITIYA PRATAMA (2025) STRATEGI METODE MANHAJI DALAM MEMAHAMI LITERATUR BAHASA ARAB DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan strategi metode manhaji dalam memahami literatur Bahasa Arab santri di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode Manhaji, yang mengintegrasikan pendekatan pembelajaran tradisional dan modern, dirancang untuk mempermudah santri dalam memahami nahwu, ṣaraf, dan balaghah melalui pembelajaran yang sistematis dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Metode Manhaji efektif dalam meningkatkan pemahaman literatur Bahasa Arab, dengan menerapkan strategi pembelajaran (1) mengintegrasikan metode talaqqi yang dikombinasikan dengan tiga pendekatan pembelajaran modern, yaitu metode ceramah, diskusi, dan keteladanan (modeling), (2) mengadopsi pendekatan teoritis-aplikatif (3) Strategi qirā’ah (membaca) dan tarjamah (menerjemahkan) sebagai komponen utama (4) media pembelajaran yang memanfaatkan lagu atau nasyid yang dirancang secara khusus untuk manhaji. Implementasi metode manhaji diwujudkan melalui penyelenggaraan kegiatan daurah metode manhaji yang dilaksanakan pada masa libur semester dengan durasi selama satu pekan. Pelaksanaan program ini dirancang secara sistematis dan terstruktur. Adapun tantangan seperti kurangnya antusiasme santri, penyampaian yang di dominasi metode ceramah, keterbatasan sumber daya pendidik yang berkompeten dalam metode manhaji, dan durasi waktu pelaksanaan kegiatan yang relatif singkat.

Dosen Pembimbing: Fajar Rachmadhani, Lc., M.Hum., Ph.D | NIDN0503058901
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Manhaji Method, Arabic
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:04
Last Modified: 06 Aug 2025 09:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52577

Actions (login required)

View Item View Item