AHMAD ADITIYA PRATAMA (2025) STRATEGI METODE MANHAJI DALAM MEMAHAMI LITERATUR BAHASA ARAB DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (363kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (249kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (915kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan strategi metode manhaji dalam memahami literatur Bahasa Arab santri di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode Manhaji, yang mengintegrasikan pendekatan pembelajaran tradisional dan modern, dirancang untuk mempermudah santri dalam memahami nahwu, ṣaraf, dan balaghah melalui pembelajaran yang sistematis dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Metode Manhaji efektif dalam meningkatkan pemahaman literatur Bahasa Arab, dengan menerapkan strategi pembelajaran (1) mengintegrasikan metode talaqqi yang dikombinasikan dengan tiga pendekatan pembelajaran modern, yaitu metode ceramah, diskusi, dan keteladanan (modeling), (2) mengadopsi pendekatan teoritis-aplikatif (3) Strategi qirā’ah (membaca) dan tarjamah (menerjemahkan) sebagai komponen utama (4) media pembelajaran yang memanfaatkan lagu atau nasyid yang dirancang secara khusus untuk manhaji. Implementasi metode manhaji diwujudkan melalui penyelenggaraan kegiatan daurah metode manhaji yang dilaksanakan pada masa libur semester dengan durasi selama satu pekan. Pelaksanaan program ini dirancang secara sistematis dan terstruktur. Adapun tantangan seperti kurangnya antusiasme santri, penyampaian yang di dominasi metode ceramah, keterbatasan sumber daya pendidik yang berkompeten dalam metode manhaji, dan durasi waktu pelaksanaan kegiatan yang relatif singkat.
| Dosen Pembimbing: | Fajar Rachmadhani, Lc., M.Hum., Ph.D | NIDN0503058901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Strategy, Manhaji Method, Arabic |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:04 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 09:04 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
