SALMAN FAJAR ABDUL ROKHMAN (2025) IMPLEMENTASI GERAKAN JAMAAH MASJID DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN SOSIAL DI MASYARAKAT (STUDI MASJID K.H. SUDJA' GAMPING YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (735kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (360kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Masjid memiliki peran historis yang sangat penting dalam Islam, tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat pendidikan, sosial, dan pemberdayaan umat. Namun, dewasa ini fungsi tersebut sering kali mengalami penyempitan makna, terbatas pada aktivitas ritual semata. Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam bagaimana gerakan jamaah masjid dapat berperan dalam menumbuhkan pendidikan sosial di masyarakat, dengan mengambil studi kasus di Masjid K.H. Sudja’ Gamping, Yogyakarta. Masjid ini dikenal aktif dalam pengelolaan kegiatan keagamaan dan sosial di tengah lingkungan masyarakat urban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi program. Analisis dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta triangulasi untuk menjaga validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gerakan jamaah mencakup program keagamaan (pengajian, kajian tematik, TPA), sosial (bantuan sembako, santunan, layanan kesehatan), dan pemberdayaan (pelatihan keterampilan, pembinaan ekonomi). Program ini berhasil meningkatkan kesadaran kolektif, partisipasi masyarakat, serta pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan seharihari. Adapun tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan dana, minimnya partisipasi generasi muda, dan kurangnya kaderisasi. Meski demikian, masjid mampu menjalin kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, remaja masjid, dan lembaga sosial. Penelitian ini menegaskan bahwa gerakan jamaah memiliki potensi besar sebagai model pendidikan sosial berbasis komunitas dan nilai keagamaan, yang perlu terus diperkuat dan dikembangkan secara berkelanjutan.
| Dosen Pembimbing: | Fajar Rachmadhani, Lc., M.Hum., Ph.D | NIDN0503058901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Community movement, mosque, social education |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:06 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 09:06 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
