BAIHAKI (2025) IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM MANAJEMEN KONTEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (641kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (290kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital, khususnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), telah menghadirkan paradigma baru dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). AI menawarkan potensi untuk meningkatkan efektivitas dan personalisasi pembelajaran, namun implementasinya dalam mata pelajaran yang bersifat normatif seperti PAI masih memerlukan kajian lebih lanjut. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji secara mendalam bagaimana implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam manajemen konten pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memotivasi guru dalam penerapan Artificial Intelligence (AI) dan bagaimana hasil belajar penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam manajemen konten pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada dua guru PAI, satu siswa, dan waka kurikulum, serta observasi langsung aktivitas pembelajaran berbasis AI. Data dianalisis dengan pendekatan deskriptif-analitis untuk mengeksplorasi bentuk implementasi, motivasi penggunaan, serta dampaknya terhadap proses dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AI di sekolah tersebut telah dimanfaatkan dalam berbagai aspek seperti penyusunan soal, visualisasi materi, dan pengembangan konten pembelajaran. Motivasi utama guru meliputi efisiensi waktu, keberagaman konten, dukungan manajemen sekolah, dan respon positif dari siswa. Implementasi AI terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI, nilai akademik, serta internalisasi nilai-nilai keagamaan. Namun demikian, beberapa tantangan juga teridentifikasi, seperti potensi ketergantungan teknologi dan perlunya pengawasan terhadap konten digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa AI memiliki potensi besar dalam mendukung inovasi pembelajaran PAI, asalkan didukung dengan kebijakan sekolah yang adaptif dan peningkatan literasi digital di kalangan guru.
| Dosen Pembimbing: | Muh. Samsudin, Dr., S.Ag., M.Pd. | NIDN0504057002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Artificial Intelligence, Islamic Religious Education, Learning Content Management |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:02 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 09:02 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52580 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
