ENGGI FAJAR DIMAS SATRIA (2025) STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK QATAR DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF SEBAGAI TUAN RUMAH PIALA DUNIA FIFA 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi diplomasi publik Qatar dalam membangun citra positif sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022. Qatar menghadapi tantangan besar berupa tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan stereotip sebagai negara konservatif di mata dunia Barat. Dengan teori diplomasi publik Mark Leonard, penelitian ini mengkaji strategi Qatar melalui tiga dimensi: news management, strategic communication, dan relationship building. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi pustaka. Hasilnya menunjukkan bahwa Qatar aktif mengelola pemberitaan global melalui Al Jazeera dan platform digital, mempromosikan budaya lokal dan nilai Islam lewat stadion dan festival, serta membangun hubungan internasional lewat Aspire Academy dan kerja sama global. Strategi ini meningkatkan jumlah wisatawan dan memperkuat posisi Qatar di kancah internasional, membuktikan bahwa diplomasi publik efektif dalam mengurangi stigma negatif dan mewujudkan kepentingan nasional selama Piala Dunia 2022.

Dosen Pembimbing: Idham Badruzaman, S.IP., M.A., Ph.D. | NIDN0503088601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Public Diplomacy, Qatar, 2022 World Cup, National Interest, Soft Power
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:46
Last Modified: 06 Aug 2025 08:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52591

Actions (login required)

View Item View Item