YAHYA WIRYA WISESA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN AGUNG SETIAWAN DAN AMBAR PURWOKO DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pilkada Kulon Progo tahun 2024 melibatkan tiga kandidat calon bupati dan wakil bupati. Mereka bersaing ketat memperebutkan kursi nomor 1 di Kulon Progo. Masing-masing menggunakan strategi politik terbaik demi memperoleh dukungan simpati rakyat. Salah satu pasangan yang turut meramaikan kontestasi adalah Agung Setyawan dan Ambar Purwoko, yang mencuat pada minggu terakhir masa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati sebagai respons atas wafatnya salah satu kandidat, Almarhum Ahmad Basuki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi politik pasangan Agung Setyawan dan Ambar Purwoko, dalam Pilkada di Kabupaten Kulon Progo dengan menggunakan teori komunikasi dari Hafied Cangara yang mencakup empat indikator utama: penentuan komunikator, penetapan audiens, penyusunan pesan, dan pemilihan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan strategi komunikasi ditentukan oleh pemilihan komunikator yang memiliki pengaruh sosial dan kedekatan emosional dengan masyarakat. Audiens ditetapkan melalui segmentasi berdasarkan demografi masyarakat. Pesan kampanye disusun dengan menekankan pada isu lokal sehingga menciptakan resonansi dengan kebutuhan masyarakat. Media yang digunakan mencakup media tradisional dan digital untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Strategi ini terbukti efektif dalam membangun citra calon dan meningkatkan partisipasi pemilih.

Dosen Pembimbing: Dian Eka Rahmawati, Dr., S.IP., M.Si. and Tunjung Sulaksono, Dr., S.IP., M.Si. | NIDN0527127401, NIDN0501057701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Political Communication Strategy, Regional Head Election, Communicator , Kulon Progo
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:42
Last Modified: 06 Aug 2025 08:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52595

Actions (login required)

View Item View Item