YAHYA WIRYA WISESA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN AGUNG SETIAWAN DAN AMBAR PURWOKO DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (467kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (171kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pilkada Kulon Progo tahun 2024 melibatkan tiga kandidat calon bupati dan wakil bupati. Mereka bersaing ketat memperebutkan kursi nomor 1 di Kulon Progo. Masing-masing menggunakan strategi politik terbaik demi memperoleh dukungan simpati rakyat. Salah satu pasangan yang turut meramaikan kontestasi adalah Agung Setyawan dan Ambar Purwoko, yang mencuat pada minggu terakhir masa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati sebagai respons atas wafatnya salah satu kandidat, Almarhum Ahmad Basuki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi politik pasangan Agung Setyawan dan Ambar Purwoko, dalam Pilkada di Kabupaten Kulon Progo dengan menggunakan teori komunikasi dari Hafied Cangara yang mencakup empat indikator utama: penentuan komunikator, penetapan audiens, penyusunan pesan, dan pemilihan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan strategi komunikasi ditentukan oleh pemilihan komunikator yang memiliki pengaruh sosial dan kedekatan emosional dengan masyarakat. Audiens ditetapkan melalui segmentasi berdasarkan demografi masyarakat. Pesan kampanye disusun dengan menekankan pada isu lokal sehingga menciptakan resonansi dengan kebutuhan masyarakat. Media yang digunakan mencakup media tradisional dan digital untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Strategi ini terbukti efektif dalam membangun citra calon dan meningkatkan partisipasi pemilih.
| Dosen Pembimbing: | Dian Eka Rahmawati, Dr., S.IP., M.Si. and Tunjung Sulaksono, Dr., S.IP., M.Si. | NIDN0527127401, NIDN0501057701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Political Communication Strategy, Regional Head Election, Communicator , Kulon Progo |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:42 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 08:42 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
