MUHAMMAD KHAIRUL AL HAFIZH BASRI (2025) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (779kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (229kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan modern, keberhasilan siswa tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual semata, melainkan juga oleh kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi secara tepat. Kecerdasan emosional menjadi aspek penting dalam pembentukan karakter dan keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi sosial dan dukungan orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Kasihan. Interaksi sosial dan dukungan orang tua diyakini sebagai dua faktor penting yang berkontribusi terhadap perkembangan aspek emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX sebanyak 123 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 55 siswa yang didapat dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik interaksi sosial maupun dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan emosional siswa. Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi yang signifikan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,48, yang berarti 48% variasi dalam kecerdasan emosional siswa dapat dijelaskan oleh interaksi sosial dan dukungan orang tua. Temuan ini menegaskan bahwa kolaborasi antara lingkungan sosial dan keluarga sangat penting dalam menunjang perkembangan kecerdasan emosional peserta didik.
| Dosen Pembimbing: | Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0505089001 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Social interaction, parental support, emotional intelligence, junior high school students |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:58 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 06:58 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
