MUHAMMAD KHAIRUL AL HAFIZH BASRI (2025) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan modern, keberhasilan siswa tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual semata, melainkan juga oleh kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi secara tepat. Kecerdasan emosional menjadi aspek penting dalam pembentukan karakter dan keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi sosial dan dukungan orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Kasihan. Interaksi sosial dan dukungan orang tua diyakini sebagai dua faktor penting yang berkontribusi terhadap perkembangan aspek emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX sebanyak 123 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 55 siswa yang didapat dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik interaksi sosial maupun dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan emosional siswa. Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi yang signifikan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,48, yang berarti 48% variasi dalam kecerdasan emosional siswa dapat dijelaskan oleh interaksi sosial dan dukungan orang tua. Temuan ini menegaskan bahwa kolaborasi antara lingkungan sosial dan keluarga sangat penting dalam menunjang perkembangan kecerdasan emosional peserta didik.

Dosen Pembimbing: Anisa Dwi Makrufi, S.Pd.I., M.Pd.I. | NIDN0505089001
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social interaction, parental support, emotional intelligence, junior high school students
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:58
Last Modified: 06 Aug 2025 06:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52602

Actions (login required)

View Item View Item