MUTIARA LABIBAH (2025) EVALUASI PROGRAM PENDAMPINGAN AGAMA ISLAM (PAI) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan perguruan tinggi Islami yang memiliki visi menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat. Salah satu program wajib untuk mencapai visi tersebut adalah Pendampingan Agama Islam (PAI), bertujuan memperkuat pemahaman keislaman mahasiswa baru melalui kegiatan peer group bersama kakak tingkat sebagai mentor sebaya. Namun, belum ada evaluasi sistematis terkait efektivitas program ini, sementara kendala seperti jadwal yang bersamaan dengan kegiatan akademik, kurangnya kompetensi mentor, dan minimnya minat menjadi mentor masih ditemui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Daniel Stufflebeam untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya serta solusi guna meningkatkan kualitas program. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Norman Denzin dengan triangulasi sumber, yaitu kepala divisi dakwah dan pembinaan AIK LPPI UMY, ketua koordinator program PAI, dan 10 mentor perwakilan tiap fakultas dan triangulasi metode berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program memiliki tujuan yang relevan dan sistem pendukung yang memadai, seperti pelatihan mentor dan fasilitas kampus. Namun, efektivitas program masih terkendala oleh rendahnya partisipasi mentee (33,24% tidak lulus), benturan jadwal, kurangnya keterampilan sebagian mentor, serta sistem evaluasi yang belum mengukur pemahaman secara optimal. Temuan ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam strategi pelaksanaan, penjadwalan yang fleksibel, pelatihan lanjutan bagi mentor, serta penguatan sistem evaluasi agar program PAI lebih berdampak terhadap pemahaman dan pembentukan karakter Islami mahasiswa baru UMY.

Dosen Pembimbing: Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Islamic Religious Mentoring, Mentoring, Mentor, Mentee
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:43
Last Modified: 06 Aug 2025 06:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52613

Actions (login required)

View Item View Item