MUTIARA LABIBAH (2025) EVALUASI PROGRAM PENDAMPINGAN AGAMA ISLAM (PAI) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (441kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (362kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan perguruan tinggi Islami yang memiliki visi menjadi universitas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berlandaskan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat. Salah satu program wajib untuk mencapai visi tersebut adalah Pendampingan Agama Islam (PAI), bertujuan memperkuat pemahaman keislaman mahasiswa baru melalui kegiatan peer group bersama kakak tingkat sebagai mentor sebaya. Namun, belum ada evaluasi sistematis terkait efektivitas program ini, sementara kendala seperti jadwal yang bersamaan dengan kegiatan akademik, kurangnya kompetensi mentor, dan minimnya minat menjadi mentor masih ditemui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Daniel Stufflebeam untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya serta solusi guna meningkatkan kualitas program. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Norman Denzin dengan triangulasi sumber, yaitu kepala divisi dakwah dan pembinaan AIK LPPI UMY, ketua koordinator program PAI, dan 10 mentor perwakilan tiap fakultas dan triangulasi metode berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program memiliki tujuan yang relevan dan sistem pendukung yang memadai, seperti pelatihan mentor dan fasilitas kampus. Namun, efektivitas program masih terkendala oleh rendahnya partisipasi mentee (33,24% tidak lulus), benturan jadwal, kurangnya keterampilan sebagian mentor, serta sistem evaluasi yang belum mengukur pemahaman secara optimal. Temuan ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam strategi pelaksanaan, penjadwalan yang fleksibel, pelatihan lanjutan bagi mentor, serta penguatan sistem evaluasi agar program PAI lebih berdampak terhadap pemahaman dan pembentukan karakter Islami mahasiswa baru UMY.
| Dosen Pembimbing: | Ratna Sari, S.Pd.I., M.Psi. | NIDN0501088601 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Islamic Religious Mentoring, Mentoring, Mentor, Mentee |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:43 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 06:43 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
