ROSA LIANA GUNAWAN (2025) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN ETIKA BERSOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB SISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam aspek etika bersosial dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan agama terhadap perkembangan etika bersosial dan tanggung jawab siswa kelas XI di SMKI Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 150 siswa yang dipilih secara acak dari berbagai jurusan. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan agama dengan etika bersosial (r = 0,520) dan tanggung jawab siswa (r = 0,477). Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pemahaman siswa terhadap pendidikan agama, semakin baik pula perilaku sosial dan tanggung jawab mereka. Dengan demikian, pendidikan agama terbukti tidak hanya berfungsi sebagai pembelajaran spiritual, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan karakter sosial siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah lebih mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kegiatan pembelajaran maupun budaya sekolah. Implikasi dari penelitian ini mendorong sekolah untuk menjadikan pendidikan agama sebagai dasar dalam pembentukan budaya dan karakter siswa, mendorong guru untuk menanamkan nilai keagamaan melalui pendekatan yang menyentuh ranah sikap dan tindakan, serta memotivasi siswa agar menjadikan agama sebagai pedoman hidup. Hasil ini juga menjadi dasar bagi penelitian lanjutan yang lebih luas dengan melibatkan faktor eksternal seperti keluarga dan lingkungan sosial.

Dosen Pembimbing: Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0520039101
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Religious Education, Social Ethics, Responsibility, SMKI Yogyakarta
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:41
Last Modified: 06 Aug 2025 06:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52615

Actions (login required)

View Item View Item