ROSA LIANA GUNAWAN (2025) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN ETIKA BERSOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB SISWA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (694kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (297kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam aspek etika bersosial dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan agama terhadap perkembangan etika bersosial dan tanggung jawab siswa kelas XI di SMKI Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian berjumlah 150 siswa yang dipilih secara acak dari berbagai jurusan. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan agama dengan etika bersosial (r = 0,520) dan tanggung jawab siswa (r = 0,477). Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pemahaman siswa terhadap pendidikan agama, semakin baik pula perilaku sosial dan tanggung jawab mereka. Dengan demikian, pendidikan agama terbukti tidak hanya berfungsi sebagai pembelajaran spiritual, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan karakter sosial siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah lebih mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kegiatan pembelajaran maupun budaya sekolah. Implikasi dari penelitian ini mendorong sekolah untuk menjadikan pendidikan agama sebagai dasar dalam pembentukan budaya dan karakter siswa, mendorong guru untuk menanamkan nilai keagamaan melalui pendekatan yang menyentuh ranah sikap dan tindakan, serta memotivasi siswa agar menjadikan agama sebagai pedoman hidup. Hasil ini juga menjadi dasar bagi penelitian lanjutan yang lebih luas dengan melibatkan faktor eksternal seperti keluarga dan lingkungan sosial.
| Dosen Pembimbing: | Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0520039101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Religious Education, Social Ethics, Responsibility, SMKI Yogyakarta |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:41 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 06:41 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
