FARID ABDILLAH HASYIM (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA GRAHITA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (726kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (256kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak siswa berkebutuhan khusus, khususnya siswa tunagrahita di SLB Negeri 1 Bantul, Yogyakarta. Pembinaan akhlak pada siswa dengan hambatan intelektual memerlukan pendekatan yang disesuaikan dengan kondisi kognitif mereka. Oleh karena itu, peran guru menjadi sangat penting, tidak hanya sebagai penyampai materi pelajaran, tetapi juga sebagai teladan dan pembimbing dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara terstruktur kepada guru dan siswa, serta dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui interaksi langsung dengan guru dan siswa, yang berjumlah dua guru dan dua siswa serta data sekunder yang berasal dari dokumen pendukung dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pendapat Adhi Kusumastuti dan Ahmad Mustamil Khoiron, yang mencakup tiga langkah utama, yaitu: Reduksi data, yakni proses pemilihan, penyederhanaan, dan pemfokusan data dari lapangan sesuai kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memainkan peran sebagai motivator, fasilitator, pembina moral, serta penyampai nilai-nilai agama melalui metode pembiasaan, keteladanan, nasihat, dan komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Selain itu, guru juga berkolaborasi dengan orang tua untuk memperkuat pembinaan akhlak di rumah. Faktor pendukung dalam pembinaan ini mencakup lingkungan sekolah yang religius, kerja sama antara guru dan orang tua, serta kurikulum PAI yang adaptif. Sementara itu, kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan komunikasi siswa, kurangnya pelatihan khusus bagi guru PAI, dan minimnya media pembelajaran yang sesuai. Meski demikian, hasil pembinaan menunjukkan perkembangan positif dalam sikap dan perilaku siswa tunagrahita.
| Dosen Pembimbing: | Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Teacher’s Role, Islamic Religious Education, Character, Intellectual Disabilities, Special Needs Students |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:37 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 06:37 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
