PANGESTU ADI NUGRAHA (2025) STRATEGI PROMOSI WISATA BERBASIS MEDIA SOSIAL DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi pariwisata berbasis media sosial oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya efektivitas promosi digital dalam menarik minat wisatawan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini berfokus pada peran media sosial dalam meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan studi kasus di Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan untuk memahami strategi promosi wisata berbasis media sosial secara mendalam. Strategi promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kulon Progo melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Kolaborasi dengan akun mitra, promosi event, serta konten visual yang menarik menjadi kunci keberhasilan promosi digital, meskipun masih diperlukan penguatan konsistensi dan inovasi konten. Penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berperan penting dalam meningkatkan minat kunjung wisatawan ke Kulon Progo. Strategi promosi yang diterapkan Dinas Pariwisata menggunakan lima indikator utama aksesibilitas, interaktivitas, longevity, keterjangkauan, dan kecepatan yang mampu membentuk citra destinasi, memperluas jangkauan informasi, serta memperkuat hubungan antara pengelola dan calon wisatawan secara digital.

Dosen Pembimbing: Dyah Mutiarin, Prof. Dr., S.IP., M.Si. and Awang Darumurti, Dr, S.IP., M.Si. | NIDN0508117102, NIDN0519108101
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Promotional Strategies, Social Media, Tourism in Kulon Progo
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:23
Last Modified: 06 Aug 2025 06:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52623

Actions (login required)

View Item View Item