PANGESTU ADI NUGRAHA (2025) STRATEGI PROMOSI WISATA BERBASIS MEDIA SOSIAL DI DINAS PARIWISATA KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (391kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (521kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi pariwisata berbasis media sosial oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya efektivitas promosi digital dalam menarik minat wisatawan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini berfokus pada peran media sosial dalam meningkatkan daya tarik dan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan studi kasus di Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan untuk memahami strategi promosi wisata berbasis media sosial secara mendalam. Strategi promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kulon Progo melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Kolaborasi dengan akun mitra, promosi event, serta konten visual yang menarik menjadi kunci keberhasilan promosi digital, meskipun masih diperlukan penguatan konsistensi dan inovasi konten. Penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berperan penting dalam meningkatkan minat kunjung wisatawan ke Kulon Progo. Strategi promosi yang diterapkan Dinas Pariwisata menggunakan lima indikator utama aksesibilitas, interaktivitas, longevity, keterjangkauan, dan kecepatan yang mampu membentuk citra destinasi, memperluas jangkauan informasi, serta memperkuat hubungan antara pengelola dan calon wisatawan secara digital.
| Dosen Pembimbing: | Dyah Mutiarin, Prof. Dr., S.IP., M.Si. and Awang Darumurti, Dr, S.IP., M.Si. | NIDN0508117102, NIDN0519108101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Promotional Strategies, Social Media, Tourism in Kulon Progo |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:23 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 06:23 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
