MUHAMMAD HAFIDH PANDU EL ISLAM (2025) PENGARUH PELATIHAN “TEMANKU SAHABATKU” TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SD MUHAMMADIYAH GUNUNGHARJO 2 PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya kecerdasan interpersonal siswa, seperti kurangnya empati, kerja sama, dan komunikasi efektif, menjadi tantangan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di SD Muhammadiyah Gunungharjo 2. Observasi awal menunjukkan adanya kecenderungan sikap individualis dan perilaku negatif antar siswa yang berdampak pada rendahnya kualitas interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan "Temanku Sahabatku" terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SD Muhammadiyah Gunungharjo 2 Prambanan Sleman. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa melalui kegiatan bermain peran, diskusi kelompok, dan refleksi diri yang mendukung perkembangan empati dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain true experimental. Sampel terdiri dari 60 siswa yang dibagi secara acak menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji t berpasangan dan uji t dua sampel independen, serta perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pelatihan "Temanku Sahabatku" terhadap peningkatan kecerdasan interpersonal siswa. Pelatihan ini terbukti efektif dalam membentuk perilaku sosial yang lebih positif dan meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sosial siswa.

Dosen Pembimbing: Naufal Ahmad Rijalul Alam, S.Pd.I., M.A. | NIDN0522018701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Training, “Temanku Sahabatku”, Interpersonal Intelligence, Experiment
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:17
Last Modified: 06 Aug 2025 06:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52632

Actions (login required)

View Item View Item