MUHAMMAD HAFIDH PANDU EL ISLAM (2025) PENGARUH PELATIHAN “TEMANKU SAHABATKU” TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SD MUHAMMADIYAH GUNUNGHARJO 2 PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (573kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (336kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya kecerdasan interpersonal siswa, seperti kurangnya empati, kerja sama, dan komunikasi efektif, menjadi tantangan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di SD Muhammadiyah Gunungharjo 2. Observasi awal menunjukkan adanya kecenderungan sikap individualis dan perilaku negatif antar siswa yang berdampak pada rendahnya kualitas interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan "Temanku Sahabatku" terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SD Muhammadiyah Gunungharjo 2 Prambanan Sleman. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan sosial siswa melalui kegiatan bermain peran, diskusi kelompok, dan refleksi diri yang mendukung perkembangan empati dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain true experimental. Sampel terdiri dari 60 siswa yang dibagi secara acak menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji t berpasangan dan uji t dua sampel independen, serta perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pelatihan "Temanku Sahabatku" terhadap peningkatan kecerdasan interpersonal siswa. Pelatihan ini terbukti efektif dalam membentuk perilaku sosial yang lebih positif dan meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sosial siswa.
| Dosen Pembimbing: | Naufal Ahmad Rijalul Alam, S.Pd.I., M.A. | NIDN0522018701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Training, “Temanku Sahabatku”, Interpersonal Intelligence, Experiment |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:17 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 06:17 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
