ANISSA FADILLAH (2025) PENERAPAN ISLAMIC ENTREPRENEURSHIP PADA PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) MUSLIM DI DESA TAMANTIRTO, KASIHAN, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (820kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (407kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis penerapan Islamic entrepreneurship pada pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) Muslim di Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta kendala yang dihadapi pelaku usaha dalam menerapkan Islamic entrepreneurship dan solusi yang dapat diterapkan pelaku usaha dalam menerapkan Islamic entrepreneurship. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap tujuh informan yang terdiri dari pemilik dan karyawan UMK Muslim di usaha warung makan, laundry, fotocopy dan coffee shop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelaku usaha telah menerapkan prinsip dan nilai Islamic entrepreneurship seperti adl, khilafah, maslahah, shiddiq, amanah, fathonah, dan qanaah. Namun, pelaku UMK Muslim belum sepenuhnya menerapkan prinsip tauhid dan nilai tabligh. Ini terlihat dari pelaksanaan salat yang sering terabaikan karena kesibukan usaha. Selain itu, beberapa pelaku usaha juga mengalami tantangan dalam menjaga etika komunikasi saat menghadapi pelanggan yang tidak kooperatif. Dalam rangka mengatasi kendala tersebut, solusi yang dapat diterapkan meliputi penggunaan pengingat waktu salat, penjadwalan kerja yang disiplin, pelatihan pelayanan, serta edukasi kepada pelanggan agar terciptanya ekosistem usaha yang harmonis dan selaras dengan nilai-nilai Islamic entrepreneurship.
| Dosen Pembimbing: | Sutrisno, S.E.I., M.S.I., Ph.D | NIDN0506018002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Islamic entrepreneurship, Muslim business operators, MSE,Tamantirto, challenges, solutionsTamantirto, challenges, solutions |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:14 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 06:14 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
