ANNAS MIFTAKHUL MUNIR (2025) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA PADA ERA 5.0DI SD NEGERI KEPUTRAN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (674kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (234kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penanaman karakter kedisiplinan pada siswa merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan, terutama di era Society 5.0 yang sarat dengan tantangan teknologi dan perubahan sosial yang cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan karakter kedisiplinan siswa di SD Negeri Keputran 2 Yogyakarta, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian adalah 2 guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Keputran 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menggunakan berbagai strategi dalam menanamkan kedisiplinan, seperti pembiasaan, keteladanan, pemberian motivasi, serta reward dan punishment. Peran guru sebagai pembimbing moral dan spiritual sangat membantu siswa dalam membentuk sikap disiplin, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung meliputi keteladanan guru, dukungan orang tua, dan lingkungan sekolah yang kondusif. Sementara itu, faktor penghambat antara lain adalah kurangnya kesadaran siswa, pengaruh negatif teknologi, serta keterbatasan waktu guru dalam memberikan pembinaan karakter secara intensif. Dengan demikian, penanaman kedisiplinan memerlukan pendekatan kolaboratif antara guru, orang tua, dan lingkungan sekolah agar dapat berjalan efektif dan berkelanjutan.
| Dosen Pembimbing: | Marsudi, Drs., M.Ag. | NIDN0507016701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Discipline, PAI Teachers, Student Character, Basic Education, Era 5.0 |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:11 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 06:11 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
