SATRIO DWI RAMDANI (2025) PEMIKIRAN PENDIDIKAN HUMANISTIK SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (188kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas pemikiran pendidikan humanistik Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi, menganalisis, serta mengeksplorasi konsep-konsep pendidikan humanistik yang ditawarkan AlAttas, kemudian meninjau bagaimana relevansi pemikiran tersebut dapat diterapkan dalam konteks pendidikan Islam masa kini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode kepustakaan (library research), di mana data diperoleh melalui kajian literatur dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, tesis, disertasi, serta dokumen akademik lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Attas memandang pendidikan sebagai proses pemanusiaan yang holistik, mencakup aspek intelektual, spiritual, dan emosional. Konsep sentral dalam pemikirannya adalah ta’dib, yaitu pembinaan adab yang mencakup pembentukan karakter, moral, dan integritas diri. Dalam menghadapi tantangan kontemporer seperti krisis moral, globalisasi, dan degradasi identitas keislaman, gagasan Al-Attas memberikan solusi pendidikan yang menekankan integrasi ilmu dan nilai-nilai keislaman, serta pengembangan manusia seutuhnya sebagai hamba Tuhan dan khalifah di bumi. Oleh karena itu, pemikiran pendidikan humanistik Syed Muhammad Naquib Al-Attas memiliki relevansi yang tinggi dalam merumuskan pendidikan Islam yang tidak hanya berorientasi pada kecerdasan intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan spiritualitas peserta didik secara seimbang.
| Dosen Pembimbing: | Marsudi, Drs., M.Ag. | NIDN0507016701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Syed Muhammad Naquib Al-Attas, humanistic education, ta'dib, Contemporary Islamic education, character building |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:00 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 06:00 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
