SATRIO DWI RAMDANI (2025) PEMIKIRAN PENDIDIKAN HUMANISTIK SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pemikiran pendidikan humanistik Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi, menganalisis, serta mengeksplorasi konsep-konsep pendidikan humanistik yang ditawarkan AlAttas, kemudian meninjau bagaimana relevansi pemikiran tersebut dapat diterapkan dalam konteks pendidikan Islam masa kini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode kepustakaan (library research), di mana data diperoleh melalui kajian literatur dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, tesis, disertasi, serta dokumen akademik lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Attas memandang pendidikan sebagai proses pemanusiaan yang holistik, mencakup aspek intelektual, spiritual, dan emosional. Konsep sentral dalam pemikirannya adalah ta’dib, yaitu pembinaan adab yang mencakup pembentukan karakter, moral, dan integritas diri. Dalam menghadapi tantangan kontemporer seperti krisis moral, globalisasi, dan degradasi identitas keislaman, gagasan Al-Attas memberikan solusi pendidikan yang menekankan integrasi ilmu dan nilai-nilai keislaman, serta pengembangan manusia seutuhnya sebagai hamba Tuhan dan khalifah di bumi. Oleh karena itu, pemikiran pendidikan humanistik Syed Muhammad Naquib Al-Attas memiliki relevansi yang tinggi dalam merumuskan pendidikan Islam yang tidak hanya berorientasi pada kecerdasan intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan spiritualitas peserta didik secara seimbang.

Dosen Pembimbing: Marsudi, Drs., M.Ag. | NIDN0507016701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Syed Muhammad Naquib Al-Attas, humanistic education, ta'dib, Contemporary Islamic education, character building
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:00
Last Modified: 06 Aug 2025 06:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52646

Actions (login required)

View Item View Item