MUHAMMAD SABILAL AQWAM (2025) PEMIKIRAN SYAIKH SHALIH BIN ABDILLAH AL-USHAIMI TENTANG ADAB PENUNTUT ILMU DALAM KITAB TA‘ẒĪM AL-‘ILMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (676kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (369kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji pemikiran Syekh Shalih bin Abdillah al-Ushaimi tentang adab penuntut ilmu dalam kitab Ta‘ẓīm al-‘Ilmi serta relevansinya dengan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan kontemporer dalam pendidikan Islam yang mengikis penekanan tradisional pada adab, sehingga menyebabkan penurunan moral siswa, melemahnya penghormatan terhadap guru, dan berkurangnya kesadaran belajar yang ikhlas. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka dengan Ta‘ẓīm al-‘Ilmi sebagai sumber primer, penelitian ini mengidentifikasi dua puluh prinsip adab yang dikelompokkan menjadi lima tema besar: Fondasi Spiritual dan Niat Murni; Etos dan Disiplin Diri dalam Belajar; Metodologi dan Orientasi Keilmuan; Etika Interaksi dan Penghormatan; serta Tanggung Jawab Intelektual dan Pembelaan Ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip adab ini sangat relevan dan menawarkan solusi praktis untuk memperkuat pengembangan karakter, menumbuhkan motivasi intrinsik, meningkatkan metodologi pembelajaran, menanamkan rasa hormat terhadap pendidik, dan membangun integritas intelektual, menyimpulkan bahwa adab merupakan pilar fundamental dalam membentuk siswa yang holistik dan berkarakter, esensial untuk mengarahkan kembali tujuan pendidikan menuju pengembangan karakter yang komprehensif di tengah dinamika pendidikan Islam di Indonesia.
| Dosen Pembimbing: | Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Etiquette, Knowledge Seekers, Ta‘ẓīm al-‘Ilmi, Shaykh Shalih bin Abdillah al-Ushaimi, Islamic Education in Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:40 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:40 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
