MUHAMMAD SABILAL AQWAM (2025) PEMIKIRAN SYAIKH SHALIH BIN ABDILLAH AL-USHAIMI TENTANG ADAB PENUNTUT ILMU DALAM KITAB TA‘ẒĪM AL-‘ILMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji pemikiran Syekh Shalih bin Abdillah al-Ushaimi tentang adab penuntut ilmu dalam kitab Ta‘ẓīm al-‘Ilmi serta relevansinya dengan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan kontemporer dalam pendidikan Islam yang mengikis penekanan tradisional pada adab, sehingga menyebabkan penurunan moral siswa, melemahnya penghormatan terhadap guru, dan berkurangnya kesadaran belajar yang ikhlas. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka dengan Ta‘ẓīm al-‘Ilmi sebagai sumber primer, penelitian ini mengidentifikasi dua puluh prinsip adab yang dikelompokkan menjadi lima tema besar: Fondasi Spiritual dan Niat Murni; Etos dan Disiplin Diri dalam Belajar; Metodologi dan Orientasi Keilmuan; Etika Interaksi dan Penghormatan; serta Tanggung Jawab Intelektual dan Pembelaan Ilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip adab ini sangat relevan dan menawarkan solusi praktis untuk memperkuat pengembangan karakter, menumbuhkan motivasi intrinsik, meningkatkan metodologi pembelajaran, menanamkan rasa hormat terhadap pendidik, dan membangun integritas intelektual, menyimpulkan bahwa adab merupakan pilar fundamental dalam membentuk siswa yang holistik dan berkarakter, esensial untuk mengarahkan kembali tujuan pendidikan menuju pengembangan karakter yang komprehensif di tengah dinamika pendidikan Islam di Indonesia.

Dosen Pembimbing: Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Etiquette, Knowledge Seekers, Ta‘ẓīm al-‘Ilmi, Shaykh Shalih bin Abdillah al-Ushaimi, Islamic Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:40
Last Modified: 06 Aug 2025 05:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52651

Actions (login required)

View Item View Item