NANDANG SUKMA SEJATI (2025) STRATEGI PEMASARAN POLITIK PASANGAN PRABOWO GIBRAN DALAM PEMILU PRESIDEN 2024 DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja strategi marketing politik yang digunakan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 waktu pemilihan umum presiden tahun 2024 pada daerah Kota Yogyakarta. Pilpres pada tahun 2024 merupakan sebuah contoh strategi marketing politik memegang peranan penting dalam memenangkan pasangan Prabowo-Gibran pada daerah Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dimana memiliki tujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan subjek penelitian menggunakan kata-kata atau narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diwawancarai merupakan TKD pasangan prabowo-Gibran pada daerah Kota Yogyakarta. Hasil penelitian membahas tentang Penggunaan marketing politik di daerah Kota Yogyakarta tahun 2024 terlihat dari cara penyampaian produk dan pesan politik yang dijalankan melalui berbagai macam strategi, mulai dari push marketing yang menekankan pada stimulasi penyampaian langsung (dorr to dorr), pass marketing sebagai sebuah cara memilih influencer untuk meningkatkan elektabilitas dan meyakinkan pemilih untuk memilih tokoh tersebut, sampai pada strategi pull marketing yang terbilang sebagai sebuah cara penyampaian konsistensi pesan lewat penggunaan media yang terukur. Rekomendasi dari penelitan ini adalah dalam strategi marketing politik akan lebih baik apabila mengoptimalkan dialog dua arah dengan masyarakat melalui forum terbuka atau diskusi warga, guna menampung aspirasi secara langsung dan membangun kepercayaan. Selain itu, pemilihan influencer harus mempertimbangkan kredibilitas, rekam jejak, dan kesesuaian nilai dengan pesan kampanye agar tetap terarah dan bebas kontroversi. Strategi digital seperti konten "gemoy" terbukti menarik pemilih muda, namun perlu dilengkapi dengan konten edukatif yang menyampaikan program kerja secara ringan dan informatif untuk menjangkau segmen pemilih yang lebih rasional.

Dosen Pembimbing: Tunjung Sulaksono, Dr., S.IP., M.Si. | NIDN0501057701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategy, political marketing, push marketing, pass marketing, pull marketing, prabowo gibran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:39
Last Modified: 06 Aug 2025 05:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52653

Actions (login required)

View Item View Item