NANDANG SUKMA SEJATI (2025) STRATEGI PEMASARAN POLITIK PASANGAN PRABOWO GIBRAN DALAM PEMILU PRESIDEN 2024 DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (358kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja strategi marketing politik yang digunakan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 waktu pemilihan umum presiden tahun 2024 pada daerah Kota Yogyakarta. Pilpres pada tahun 2024 merupakan sebuah contoh strategi marketing politik memegang peranan penting dalam memenangkan pasangan Prabowo-Gibran pada daerah Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dimana memiliki tujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan subjek penelitian menggunakan kata-kata atau narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek yang diwawancarai merupakan TKD pasangan prabowo-Gibran pada daerah Kota Yogyakarta. Hasil penelitian membahas tentang Penggunaan marketing politik di daerah Kota Yogyakarta tahun 2024 terlihat dari cara penyampaian produk dan pesan politik yang dijalankan melalui berbagai macam strategi, mulai dari push marketing yang menekankan pada stimulasi penyampaian langsung (dorr to dorr), pass marketing sebagai sebuah cara memilih influencer untuk meningkatkan elektabilitas dan meyakinkan pemilih untuk memilih tokoh tersebut, sampai pada strategi pull marketing yang terbilang sebagai sebuah cara penyampaian konsistensi pesan lewat penggunaan media yang terukur. Rekomendasi dari penelitan ini adalah dalam strategi marketing politik akan lebih baik apabila mengoptimalkan dialog dua arah dengan masyarakat melalui forum terbuka atau diskusi warga, guna menampung aspirasi secara langsung dan membangun kepercayaan. Selain itu, pemilihan influencer harus mempertimbangkan kredibilitas, rekam jejak, dan kesesuaian nilai dengan pesan kampanye agar tetap terarah dan bebas kontroversi. Strategi digital seperti konten "gemoy" terbukti menarik pemilih muda, namun perlu dilengkapi dengan konten edukatif yang menyampaikan program kerja secara ringan dan informatif untuk menjangkau segmen pemilih yang lebih rasional.
| Dosen Pembimbing: | Tunjung Sulaksono, Dr., S.IP., M.Si. | NIDN0501057701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | strategy, political marketing, push marketing, pass marketing, pull marketing, prabowo gibran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:39 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:39 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
