HAMDAN ALFATH (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENGAKOMODASI KECERDASAN MAJEMUK ANAK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keberagaman karakteristik dan kecerdasan siswa dalam pendidikan inklusif menuntut strategi pembelajaran yang adaptif. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi pendekatan yang dilakukan oleh guru dalam menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar dan kecerdasan majemuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mengakomodasi kecerdasan majemuk anak di sekolah inklusi serta menganalisis peluang dan tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Objek penelitian adalah dua sekolah inklusi dengan latar belakang berbeda, yaitu SD Taman Muda Ibu Pawiyatan dan SD Negeri Pojok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kedua sekolah mencerminkan upaya guru dalam menyesuaikan proses, konten, dan produk pembelajaran dengan kebutuhan siswa berdasarkan gaya belajar dan jenis kecerdasan yang dimiliki. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan guru pendamping khusus, fasilitas belajar, dan beban administratif guru. Meskipun demikian, terdapat peluang strategis berupa fleksibilitas pengembangan kurikulum, dukungan kebijakan sekolah, dan adanya forum komunitas belajar yang mendorong kolaborasi dan inovasi pedagogis. Penelitian ini menegaskan pentingnya diferensiasi pembelajaran dalam pendidikan inklusif sebagai bentuk respons terhadap keberagaman kecerdasan dan karakteristik siswa. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dipandang sebagai pendekatan sistem yang menuntut dukungan kebijakan pendidikan, pengembangan professional guru, dan komitmen institusi dalam membangun sistem Pendidikan yang adaptif dan responsif terhadap keberagaman siswa.

Dosen Pembimbing: Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0520039101
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Differentiated Learning, Children Multiple Intelligences, Inclusive Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:36
Last Modified: 06 Aug 2025 05:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52657

Actions (login required)

View Item View Item