HAMDAN ALFATH (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENGAKOMODASI KECERDASAN MAJEMUK ANAK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (311kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (309kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Keberagaman karakteristik dan kecerdasan siswa dalam pendidikan inklusif menuntut strategi pembelajaran yang adaptif. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi pendekatan yang dilakukan oleh guru dalam menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar dan kecerdasan majemuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mengakomodasi kecerdasan majemuk anak di sekolah inklusi serta menganalisis peluang dan tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Objek penelitian adalah dua sekolah inklusi dengan latar belakang berbeda, yaitu SD Taman Muda Ibu Pawiyatan dan SD Negeri Pojok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kedua sekolah mencerminkan upaya guru dalam menyesuaikan proses, konten, dan produk pembelajaran dengan kebutuhan siswa berdasarkan gaya belajar dan jenis kecerdasan yang dimiliki. Tantangan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan guru pendamping khusus, fasilitas belajar, dan beban administratif guru. Meskipun demikian, terdapat peluang strategis berupa fleksibilitas pengembangan kurikulum, dukungan kebijakan sekolah, dan adanya forum komunitas belajar yang mendorong kolaborasi dan inovasi pedagogis. Penelitian ini menegaskan pentingnya diferensiasi pembelajaran dalam pendidikan inklusif sebagai bentuk respons terhadap keberagaman kecerdasan dan karakteristik siswa. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dipandang sebagai pendekatan sistem yang menuntut dukungan kebijakan pendidikan, pengembangan professional guru, dan komitmen institusi dalam membangun sistem Pendidikan yang adaptif dan responsif terhadap keberagaman siswa.
| Dosen Pembimbing: | Sadam Fajar Shodiq, Dr., S.Pd.I., M.Pd.I | NIDN0520039101 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Differentiated Learning, Children Multiple Intelligences, Inclusive Education |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:36 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:36 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
