HILWI AVIFAH AZAHRO (2025) DAMPAK FAST FASHION TERHADAP BUDAYA KONSUMERISME (STUDI PADA KONSUMEN MUSLIM PENGGUNA PRODUK UNIQLO DI YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (973kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak fast fashion terhadap budaya konsumerisme, faktor yang menyebabkan fast fashion berdampak terhadap budaya konsumerisme pada konsumen muslim, dan solusi yang dapat diterapkan untuk mengurangi dampak negatif dari fast fashion terhadap budaya konsumerisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yang bersifat deskriptif. Pada penelitian ini data di peroleh dari observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dampak fast fashion terhadap budaya konsumerisme memberikan dampak yang membuat konsumen muslim memiliki gaya hidup konsumerisme yang tinggi. Penyebab perilaku membeli pada konsumen muslim membuat individu terus memperoleh barang tanpa benar-benar menganggap kebutuhan yang sebenarnya. Gaya hidup konsumerisme membuat mereka sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan yang membuat mereka berlebih-lebihan untuk mencapai keinginan dan kemewahan. Untuk mengurangi pola konsumerisme harus menumbuhkan sikap kesadaran pada konsumen muslim akan pentingnya memilih pakaian yang selaras dengan nilai agama dan memperbanyak literasi akan dampak buruk dari fast fashion.

Dosen Pembimbing: Andri Martiana, Lc., M.A., Ph.D. | NIDN0528038801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fast Fashion, Consumer Culture
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:22
Last Modified: 06 Aug 2025 05:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52673

Actions (login required)

View Item View Item