HILWI AVIFAH AZAHRO (2025) DAMPAK FAST FASHION TERHADAP BUDAYA KONSUMERISME (STUDI PADA KONSUMEN MUSLIM PENGGUNA PRODUK UNIQLO DI YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (973kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (317kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak fast fashion terhadap budaya konsumerisme, faktor yang menyebabkan fast fashion berdampak terhadap budaya konsumerisme pada konsumen muslim, dan solusi yang dapat diterapkan untuk mengurangi dampak negatif dari fast fashion terhadap budaya konsumerisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yang bersifat deskriptif. Pada penelitian ini data di peroleh dari observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa dampak fast fashion terhadap budaya konsumerisme memberikan dampak yang membuat konsumen muslim memiliki gaya hidup konsumerisme yang tinggi. Penyebab perilaku membeli pada konsumen muslim membuat individu terus memperoleh barang tanpa benar-benar menganggap kebutuhan yang sebenarnya. Gaya hidup konsumerisme membuat mereka sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan yang membuat mereka berlebih-lebihan untuk mencapai keinginan dan kemewahan. Untuk mengurangi pola konsumerisme harus menumbuhkan sikap kesadaran pada konsumen muslim akan pentingnya memilih pakaian yang selaras dengan nilai agama dan memperbanyak literasi akan dampak buruk dari fast fashion.
| Dosen Pembimbing: | Andri Martiana, Lc., M.A., Ph.D. | NIDN0528038801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Fast Fashion, Consumer Culture |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:22 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:22 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
