ALFIA MUIZZATUR RAFIAH (2025) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DI PONDOK PESANTREN DARUL ASHOM SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (618kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (186kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan agama bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu seringkali menghadapi tantangan signifikan dalam penyampaian substansi yang kompleks. Menjawab kebutuhan ini, Pondok Pesantren Darul Ashom Yogyakarta hadir sebagai institusi yang berhasil menyelenggarakan pendidikan agama Islam yang inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diterapkan bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu disertai dengan faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berdasarkan teori Sugiyono. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Cresswell dengan triangulasi sumber, yaitu pimpinan Pondok, pendidik (ustadz/ustadzah), dan peserta didik (santri tunarungu) melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Darul Ashom adalah memvisualkan apa yang tak bisa didengar oleh santri, menyederhanakan bahasa dalam penyampaian materi, menjadikan guru sebagai teladan, menyalin, menghafal serta mempraktikkan materi yang telah disampaikan. Beberapa metode tersebut memiliki keterkaitan dengan metode yang umum dipakai seperti metode manual, metode keteladan, metode drill, dan metode praktik. Terdapat dua faktor penghambat dalam proses pembelajaran yakni deprivasi bahasa dan perbedaan tingkat kemampuan peserta didik dalam memahami pelajaran. Diperlukan dedikasi, kesabaran, dan kreativitas tinggi dari para pendidik untuk terus menemukan cara terbaik dalam menyederhanakan dan memvisualisasikan materi agama yang diajarkan, juga memastikan setiap santri dapat menerima materi dengan optimal. Selain adanya tantangan diatas proses pembelajaran ini didukung oleh dua faktor pendukung yakni resiliensi atau adanya daya juang yang tinggi dari para diri santri sebagai motivasi intrinsik yang di peroleh dari pengalaman belajar mengenai hal-hal baru perihal keagamaan, serta dukungan moral dan tausiyyah berkelanjutan dari para pendidik.
| Dosen Pembimbing: | Tumin, M.A., Ph.D. | NIDN1320098401 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Learning methods, Islamic Religious Education, deaf |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:19 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:19 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
