DIANA LARASATI (2025) PERAN K-DRAMA SEBAGAI ALAT DIPLOMASI BUDAYA DALAM PENINGKATAN TREN KECANTIKAN KOREA DI INDONESIA TAHUN 2020-2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (409kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (322kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana drama Korea (KDrama) digunakan sebagai alat diplomasi budaya oleh pemerintah Korea Selatan dalam meningkatkan tren kecantikan Korea di Indonesia pada periode 2020–2023. Dalam konteks diplomasi budaya sebagai bagian dari soft power, Korea Selatan memanfaatkan industri hiburan, khususnya K-Drama, untuk mempromosikan nilainilai budaya dan standar kecantikan Korea secara global. Menggunakan teori diplomasi budaya dari John Lenczowski, penelitian ini menyoroti empat strategi utama yang digunakan dalam K-Drama: penempatan produk (product placement), visual aktor/aktris yang merepresentasikan K-Beauty, storyline bertema kecantikan, serta promosi melalui media sosial dan influencer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa K-Drama tidak hanya mempengaruhi pola konsumsi masyarakat Indonesia terhadap produk kecantikan Korea, tetapi juga turut membentuk persepsi dan standar kecantikan baru di kalangan generasi muda. Strategi ini terbukti efektif dalam memperkuat citra positif Korea Selatan serta meningkatkan permintaan ekspor produk kosmetik dan tren wisata kecantikan (K-Beauty tourism) di Indonesia. Dengan demikian, KDrama memainkan peran penting sebagai instrumen diplomasi budaya yang mendukung kepentingan ekonomi dan citra negara Korea Selatan secara global.
| Dosen Pembimbing: | Sidiq Ahmadi, S.IP., M.A. | NIDN0511017701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Cultural Diplomacy, South Korea Korean Wave, K-Drama, K-Beauty, Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Hubungan Internasional |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:16 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:16 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
