RIZKA YULIARSIH (2025) PENGARUH CONSUMER PERCEIVED BRAND ETHICALITY DAN BRAND TRUST PADA ONLINE BRAND COMMUNITY ENGAGEMENT (STUDI PADA KONSUMEN MEREK ADIDAS). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (504kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (246kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara Online Brand Community Engagement (OBCE) dan Consumer Perceived Brand Ethicality (CPBE) dengan Brand Trust di antara konsumen merek Adidas. Selain itu, penelitian ini juga akan menguji bagaimana iklan, sponsor, media sosial, dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) membentuk Online Brand Community Engagement dan Consumer Perceived Brand Ethicality. Kami menggunakan pendekatan survei dan metodologi penelitian kuantitatif dengan memberikan kuesioner kepada 271 responden yang menggunakan merek Adidas di Indonesia. Structural Equation Modelling (SEM) digunakan untuk mengevaluasi data yang terkumpul dengan menggunakan program AMOS 26. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, meskipun media sosial memiliki pengaruh yang kecil terhadap Consumer Perceived Brand Ethicality, namun sponsor, iklan, dan tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh yang baik dan signifikan. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa Consumer Perceived Brand Ethicality secara signifikan meningkatkan Online Brand Community Engagement dan kepercayaan merek. Hubungan antara Consumer Perceived Brand Ethicality dan Online Brand Community Engagement juga dimediasi oleh kepercayaan merek, meskipun tidak signifikan untuk beberapa variabel, seperti hubungan antara media sosial dan Online Brand Community Engagement. Berdasarkan hasil ini, peningkatan kepercayaan merek dan keterlibatan pelanggan dalam komunitas merek online membutuhkan penggunaan prinsip-prinsip etika dalam taktik pemasaran, termasuk periklanan dan tanggung jawab sosial perusahaan. Untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, organisasi harus menekankan keberlanjutan dan transparansi dalam komunikasi mereka. Studi ini menawarkan saran yang berguna bagi bisnis tentang cara membuat strategi pemasaran yang lebih sukses, terutama dalam hal meningkatkan interaksi pelanggan melalui platform digital.
| Dosen Pembimbing: | Indah Fatmawati, Dr., S.E., M.Si. | NIDN0516086901 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Consumer Perception Brand Ethics, Brand Trust, Online Brand Community Involvement, Advertising, Sponsorship, Corporate Social Responsibility, Adidas |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:15 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:15 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
