PRIO DWI PURNIAWAN (2025) EVALUASI PROGRAM AL-QUR'ANISASI DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (427kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian evaluasi ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan bahwa banyak siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang telah mengikuti program Al-Qur'anisasi wajib di kelas VII, namun masih belum lancar membaca Al-Qur'an di kelas VIII. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program tersebut secara sistematis dengan mengkaji aspek konteks, masukan, proses, dan hasil dari program tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) dan model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam terhadap siswa, guru pembimbing, dan koordinator program, serta analisis dokumen terkait. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa komponen Konteks dan Input program dinilai "Sangat Baik" karena memiliki landasan yang kuat dan sumber daya yang memadai. Komponen Proses dinilai "Cukup Baik", di mana pelaksanaannya sudah terstruktur namun terkendala oleh manajemen waktu yang tidak efisien. Sementara itu, komponen Produk dinilai "Baik", dengan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, meskipun belum seluruh siswa berhasil mencapai target yang diharapkan.
| Dosen Pembimbing: | Muh. Samsudin, Dr., S.Ag., M.Pd. | NIDN0504057002 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Program Evaluation, CIPP Method, Muhammadiyah Middle School |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:12 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:12 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
