PRIO DWI PURNIAWAN (2025) EVALUASI PROGRAM AL-QUR'ANISASI DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian evaluasi ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan bahwa banyak siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang telah mengikuti program Al-Qur'anisasi wajib di kelas VII, namun masih belum lancar membaca Al-Qur'an di kelas VIII. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program tersebut secara sistematis dengan mengkaji aspek konteks, masukan, proses, dan hasil dari program tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) dan model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara mendalam terhadap siswa, guru pembimbing, dan koordinator program, serta analisis dokumen terkait. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa komponen Konteks dan Input program dinilai "Sangat Baik" karena memiliki landasan yang kuat dan sumber daya yang memadai. Komponen Proses dinilai "Cukup Baik", di mana pelaksanaannya sudah terstruktur namun terkendala oleh manajemen waktu yang tidak efisien. Sementara itu, komponen Produk dinilai "Baik", dengan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, meskipun belum seluruh siswa berhasil mencapai target yang diharapkan.

Dosen Pembimbing: Muh. Samsudin, Dr., S.Ag., M.Pd. | NIDN0504057002
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Program Evaluation, CIPP Method, Muhammadiyah Middle School
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:12
Last Modified: 06 Aug 2025 05:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52689

Actions (login required)

View Item View Item