DWI TRIASTUTIK NUR INDAH WATI (2025) PENGARUH SELF-CONFIDENCE DAN RELIGIUSITAS TERHADAP INTEGRITAS AKADEMIK MAHASISWA PAI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (415kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (249kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-confidence dan religiusitas terhadap integritas akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Integritas akademik merupakan nilai fundamental dalam dunia pendidikan tinggi yang mencerminkan kejujuran, tanggung jawab, dan etika dalam aktivitas akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 103 responden mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-confidence dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap integritas akademik secara parsial maupun simultan. Self-confidence memberikan kontribusi sebesar 44,2%, sedangkan religiusitas memberikan kontribusi lebih besar sebesar 55,8% terhadap total pengaruh simultan sebesar 31,8%. Temuan ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut merupakan faktor penting dalam membentuk integritas akademik mahasiswa, dengan religiusitas sebagai prediktor yang lebih dominan. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya penguatan aspek religius dan pengembangan kepercayaan diri dalam upaya pembinaan karakter mahasiswa calon pendidik.
| Dosen Pembimbing: | Fitriah, Dr., S.Pd.I., M.Ag. | NIDN1317107801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | self-confidence, religiosity, academic integrity, Islamic Education students |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:10 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:10 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
