HIMMAH AMALIA MURSYIDA (2025) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN LINGKUNGAN DALAM BUKU 40 HADIS HIJAU PADA PROGRAM GREEN SCHOOL DI MADRASAH MU’ALLIMAAT YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (587kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (295kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Lingkungan dalam Buku 40 Hadis Hijau pada Program Green School di Madrasah Mu’allimaat Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan lingkungan hidup dalam konteks Islam, terutama dalam menghadapi tantangan lingkungan yang semakin kompleks. Manusia sebagai khalifah di bumi memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan lingkungan yang terdapat dalam buku 40 Hadis Hijau dan penerapannya dalam program Green School di Madrasah Mu’allimaat Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi terstruktur dengan pihak-pihak terkait, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi Direktur Madrasah, wakil direktur, ustazah, dan santriwati. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan, dengan fokus pada pengidentifikasian dan analisis nilai-nilai pendidikan lingkungan yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Mu’allimaat Yogyakarta telah berhasil menerapkan nilai-nilai pendidikan lingkungan dari buku 40 Hadis Hijau melalui berbagai program, seperti pengelolaan sampah, penghijauan, dan integrasi pendidikan lingkungan dalam kurikulum. Meskipun terdapat tantangan dalam kesadaran peserta didik untuk menerapkan perilaku ramah lingkungan, komitmen lembaga dan peran aktif tenaga kebersihan menjadi faktor pendukung yang signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan lingkungan berbasis nilai-nilai agama yang lebih efektif di sekolah-sekolah.
| Dosen Pembimbing: | Fitriah, Dr., S.Pd.I., M.Ag. | NIDN1317107801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Environmental Education, 40 Green Hadith, Green School |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:08 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:08 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
