HIMMAH AMALIA MURSYIDA (2025) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN LINGKUNGAN DALAM BUKU 40 HADIS HIJAU PADA PROGRAM GREEN SCHOOL DI MADRASAH MU’ALLIMAAT YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Lingkungan dalam Buku 40 Hadis Hijau pada Program Green School di Madrasah Mu’allimaat Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan lingkungan hidup dalam konteks Islam, terutama dalam menghadapi tantangan lingkungan yang semakin kompleks. Manusia sebagai khalifah di bumi memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan lingkungan yang terdapat dalam buku 40 Hadis Hijau dan penerapannya dalam program Green School di Madrasah Mu’allimaat Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi terstruktur dengan pihak-pihak terkait, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi Direktur Madrasah, wakil direktur, ustazah, dan santriwati. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan, dengan fokus pada pengidentifikasian dan analisis nilai-nilai pendidikan lingkungan yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Mu’allimaat Yogyakarta telah berhasil menerapkan nilai-nilai pendidikan lingkungan dari buku 40 Hadis Hijau melalui berbagai program, seperti pengelolaan sampah, penghijauan, dan integrasi pendidikan lingkungan dalam kurikulum. Meskipun terdapat tantangan dalam kesadaran peserta didik untuk menerapkan perilaku ramah lingkungan, komitmen lembaga dan peran aktif tenaga kebersihan menjadi faktor pendukung yang signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan lingkungan berbasis nilai-nilai agama yang lebih efektif di sekolah-sekolah.

Dosen Pembimbing: Fitriah, Dr., S.Pd.I., M.Ag. | NIDN1317107801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Environmental Education, 40 Green Hadith, Green School
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:08
Last Modified: 06 Aug 2025 05:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52696

Actions (login required)

View Item View Item