MUHAMMAD AMMAR HAKIM (2025) EVALUASI PROGRAM MITIGASI BENCANA DENGAN MODEL CIPP DI SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program mitigasi bencana di SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran Bantul melalui model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Latar belakang penelitian ini adalah tingginya tingkat kerentanan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Kabupaten Bantul, terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan tsunami, sehingga pendidikan mitigasi bencana sejak usia dini dipandang sangat penting. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah memenuhi standar yang ditetapkan dalam Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), baik dari sisi infrastruktur, pelaksanaan simulasi evakuasi, maupun integrasi pendidikan kebencanaan ke dalam kurikulum dan kegiatan sekolah. Program mitigasi bencana di SD Muhammadiyah Kembaran juga didukung oleh kolaborasi dengan pemerintah, lembaga sosial, serta keterlibatan aktif seluruh civitas sekolah dan komunitas. Namun, masih terdapat tantangan berupa perluasan frekuensi simulasi, penguatan struktur fisik gedung, serta kebutuhan pelatihan berkelanjutan bagi guru. Evaluasi ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategis untuk pengembangan program mitigasi bencana di sekolah dasar di wilayah rawan bencana lainya.

Dosen Pembimbing: Rahmawati Husein, S.S., MCP., Ph.D | NIDN0527086501
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Disaster Mitigation Education, CIPP Model, SPAB, Elementary Schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:05
Last Modified: 06 Aug 2025 05:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52699

Actions (login required)

View Item View Item