MUHAMMAD AMMAR HAKIM (2025) EVALUASI PROGRAM MITIGASI BENCANA DENGAN MODEL CIPP DI SD MUHAMMADIYAH INSAN KREATIF KEMBARAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (649kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (730kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program mitigasi bencana di SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran Bantul melalui model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Latar belakang penelitian ini adalah tingginya tingkat kerentanan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Kabupaten Bantul, terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan tsunami, sehingga pendidikan mitigasi bencana sejak usia dini dipandang sangat penting. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah memenuhi standar yang ditetapkan dalam Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), baik dari sisi infrastruktur, pelaksanaan simulasi evakuasi, maupun integrasi pendidikan kebencanaan ke dalam kurikulum dan kegiatan sekolah. Program mitigasi bencana di SD Muhammadiyah Kembaran juga didukung oleh kolaborasi dengan pemerintah, lembaga sosial, serta keterlibatan aktif seluruh civitas sekolah dan komunitas. Namun, masih terdapat tantangan berupa perluasan frekuensi simulasi, penguatan struktur fisik gedung, serta kebutuhan pelatihan berkelanjutan bagi guru. Evaluasi ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategis untuk pengembangan program mitigasi bencana di sekolah dasar di wilayah rawan bencana lainya.
| Dosen Pembimbing: | Rahmawati Husein, S.S., MCP., Ph.D | NIDN0527086501 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | Disaster Mitigation Education, CIPP Model, SPAB, Elementary Schools |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:05 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:05 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
