GUNAWAN SYAFMIWAN (2025) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MAL PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan Mal Pelayanan Publik (MPP) dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat di Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori implementasi kebijakan dari George C. Edward III yang meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi, serta teori kualitas pelayanan SERVQUAL yang mencakup dimensi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan MPP telah dilaksanakan cukup baik. Komunikasi berjalan efektif, struktur birokrasi mendukung, namun masih terdapat kekurangan pada aspek sumber daya manusia dan teknis pelayanan. Dari sisi kualitas pelayanan, sebagian besar indikator sudah terpenuhi, tetapi dimensi responsivitas dan empati masih perlu ditingkatkan. Secara umum, keberadaan MPP memberikan dampak positif terhadap kualitas layanan dan kepuasan masyarakat. Namun demikian, diperlukan evaluasi berkala dan peningkatan kapasitas pelaksana untuk mendorong optimalisasi pelayanan publik.

Dosen Pembimbing: Atik Septi Winarsih, Dra., M.Si. | NIDN0520096601
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Policy Implementation, Public Service Mall, Service Quality, Public Satisfaction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:04
Last Modified: 06 Aug 2025 05:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52701

Actions (login required)

View Item View Item