KUKUH PRASETYO JATI (2025) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER MODEL CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP) DI SMP NEGERI 3 SENTOLO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
|
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (620kB) |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (337kB) |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
|
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
|
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
|
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pendidikan karakter dalam rangka menumbuhkan sikap dan perilaku akhlak mulia sangat diperlukan di era globalisasi di mana akibat kemajuan dan kecanggihan teknologi telah menyebabkan perubahan gaya hidup dan merosotnya etika dan moral yang berimplikasi pada meningkatnya perilaku negatif remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Context, Input, Process dan Product (CIPP) program pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Sentolo serta ketercapaian tujuannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif ex post facto dengan pendekatan mix method model jenis triangulasi konkuren. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru pendidikan agama Islam, guru bimbingan konseling, orang tua wali siswa dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukan bahwa program pendidikan karakter di SMP N 3 Sentolo dari sisi context lengkap dengan bobot nilai 14, dari sisi input lengkap dengan bobot nilai 13. Kemudian dari sisi process berjalan lancar dengan bobot nilai 13 dan akhirnya dari sisi product hasilnya baik dengan bobot nilai 12. Program pendidikan karakter di SMP N 3 Sentolo telah mampu menurunkan kasus perilaku negatif siswa/melanggar aturan sekolah dari 294 tahun 2023 menjadi 160 pada tahun 2024. Ketercapaian ini diperkuat dengan hasil penyebaran angket tentang pemahaman dan implementasi siswa terhadap perilaku berkarakter baik dalam kehidupan sehari-hari.
| Dosen Pembimbing: | Akif Khilmiyah, Prof. Dr., M.Ag. | NIDN0512026801 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (S1) |
| Uncontrolled Keywords: | character education, ethics, morals, attitudes, behavior |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Bima |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:04 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:04 |
| URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
