KUKUH PRASETYO JATI (2025) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER MODEL CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP) DI SMP NEGERI 3 SENTOLO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan karakter dalam rangka menumbuhkan sikap dan perilaku akhlak mulia sangat diperlukan di era globalisasi di mana akibat kemajuan dan kecanggihan teknologi telah menyebabkan perubahan gaya hidup dan merosotnya etika dan moral yang berimplikasi pada meningkatnya perilaku negatif remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Context, Input, Process dan Product (CIPP) program pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Sentolo serta ketercapaian tujuannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif ex post facto dengan pendekatan mix method model jenis triangulasi konkuren. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru pendidikan agama Islam, guru bimbingan konseling, orang tua wali siswa dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukan bahwa program pendidikan karakter di SMP N 3 Sentolo dari sisi context lengkap dengan bobot nilai 14, dari sisi input lengkap dengan bobot nilai 13. Kemudian dari sisi process berjalan lancar dengan bobot nilai 13 dan akhirnya dari sisi product hasilnya baik dengan bobot nilai 12. Program pendidikan karakter di SMP N 3 Sentolo telah mampu menurunkan kasus perilaku negatif siswa/melanggar aturan sekolah dari 294 tahun 2023 menjadi 160 pada tahun 2024. Ketercapaian ini diperkuat dengan hasil penyebaran angket tentang pemahaman dan implementasi siswa terhadap perilaku berkarakter baik dalam kehidupan sehari-hari.

Dosen Pembimbing: Akif Khilmiyah, Prof. Dr., M.Ag. | NIDN0512026801
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: character education, ethics, morals, attitudes, behavior
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:04
Last Modified: 06 Aug 2025 05:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/52702

Actions (login required)

View Item View Item